Forkopimda Kuningan, Staf Ahli Bupati, dan Asisten Daerah, Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Bertempat di Pendopo Setda Kuningan, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si. beserta dengan Forkopimda Kuningan, Staf Ahli Bupati, dan Asisten Daerah, ikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, Rabu (1/6/2022) secara virtual.

Bacaan Lainnya

Tema Upacara Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.

Dalam tayangan virtual yang disiarkan secara langsung, Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di di Lapangan Pancasila Ende, NTT.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Presiden Jokowi mengungkapkan Ende merupakan kota bersejarah karena di kota inilah Soekarno, Presiden pertama RI, merenungkan dan merumuskan Pancasila.

Menurut Jokowi, Pancasila telah mempersatukan Indonesia dan menjadi bintang penuntun saat menghadapi berbagai persoalan.

Hal itu, kata dia, terbukti saat berkali-kali bangsa Indonesia menghadapi berbagai persoalan.

“Bangsa Indonesia bisa berdiri kokoh sebab kita sepakat berdasarkan kepada Pancasila,” tutur kepala negara.

Dalam upacara kali ini, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ende, yakni Ragi Lambu Luka Lesu.

Usai mengikuti upacara di Lapangan Pancasila, Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana mengunjungi Taman Perenungan Bung Karno yang berada tak jauh dari lokasi upacara tersebut.

(Agus M)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.