Aliansi Wartawan Indonesia, Soroti Anggaran Dana Desa Dukuhlor

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Desa Dukuhlor Kecamatan Sindangagung Sohib berikan klarifikasi terkait realisasi bantuan untuk Paud, dalam penjelasannya kades sohib membeberkan bahwa anggaran yang ada dalam pelaporan itu bukan spesifikasi untuk guru paud, tetapi juga untuk guru Madrasah dan guru ngaji sehingga jumlah penerima honorer yang di dapat dari desa berjumlah 12 orang.

Selain itu, secara akumulasi tiap bulan, desa memberikan bantuan 3 juta rupiah perbulan dan dalam satu tahun mencapai 36 juta dengan estimasi, 12 orang x 250 ribu x 12 bulan, bahkan menurut Sohib semuanya sudah Clear dan telah di audit ketaatan oleh inspektorat. Kamis 09/08/23.

Namun penjelasan pak kades sohib sepertinya tidak realistis karena berdasarkan data yang ada untuk anggaran tersebut hanya mencapai 30 juta, sedangkan yang di sampaikan kepala desa anggarannya mencapai 36 juta sehingga terjadi minus 6 juta dan belum lagi di tambah beban PPN, sehingga patut di curigai kekurangan tersebut bersumber dari mana.

Menyikapi hal tersebut sekjen Aliansi Wartawan Indonesia yang juga pentolan GAMAS, Moris, angkat bicara
” Anggaran dana desa Dukuhlor harus diawasi dalam penggunaannya, masalahnya untuk anggaran kecil saja sudah terjadi seperti itu apalagi untuk anggaran yang lebih besar. “Ujar Moris.

Hal senada juga di sampaikan salah satu anggota LSM, bang Ucup Siliwangi” sepertinya di Desa Dukuhlor ada yang bermain anggaran hanya untuk pemenuhan kelengkapan administrasi, padahal realitanya tidak sesuai. “Ucapannya.

Masih dikatakan Ucup, pihak Kecamatan diminta untuk melakukan verifikasi dilapangan ketika pemerintah desa meminta rekomendasi untuk mencairkan dana, jangan hanya rekomendasi saja tanpa melakukan pantauan kegiatan, seperti penyertaan Bumdes, anggaran pencegahan covid, Pemeliharaan jalan lingkungan, anggaran jembatan milik desa dan lain lainnya, seperti data dibawah ini Dana Desa tahap pertama tahun 2022.

Gedung/Bangunan Sanggar Seni dan Belajar (Dusun Pahing RT 04 RW 03 Desa Dukuhlor Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan)
Rp 2.100.000

Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan.

Sekretariat Satgas Penanganan Covid-19 di Desa (Dusun Pahing RT 04 RW 03 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kab. Kuningan) Rp 15.800.000.

Pemeliharaan Jalan Desa. Pemeilharaan Jalan Desa (Dusun Puhun RT 06 RW 02 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kab. Kuningan) Rp 10.168.000

Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jembatan Milik Desa

Jembatan Desa (Dusun Puhun RT 07 RW 02 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kab. Kuningan)
Rp 10.800.000.

Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Balai Desa/Balai Kemasyarakatan. Gedung Balai Desa/Balai Kemasyrakatan (Dusun Pahing RT 05 RW 03 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kab. Kuningan)
Rp 32.088.600.

Pemeliharaan Sumber Air Bersih Milik Desa (Mata Air/Tandon Penampungan Air Hujan/Sumur Bor, dll).

Pemeliharaan Sumber Air Bersih (Dusun Pahing RT 02 RW 01 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kab. Kuningan) Rp 8.437.500

Penyelenggaraan Musyawarah Desa lainnya (musdus, rembug warga, dll., yang bersifat non-reguler sesuai kebutuhan desa).

Terselenggaranya Musyawarah Desa Non Reguler (Dusun Pahing RT 04 RW 03 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kab. Kuningan) Rp 2.685.000.

Penyusunan Dokumen Keuangan Desa (APBDes/ APBDes Perubahan/ LPJ APBDes, dan seluruh dokumen terkait). Dokumen Keuangan Desa (Dusun Pahing RT 04 RW 03 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kab. Kuningan) Rp 3.332.000.

Pengembangan Sistem Informasi Desa
Terciptanya Sistem Informasi Desa (Dusun Pahing RT 04 RW 03 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kab. Kuningan) Rp 3.460.000.

Operasional Pemerintah Desa yang bersumber dari Dana Desa. Dukungan kegiatan seremonial di desa (Dusun Pahing RT 04 RW 03 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kabupaten Kuningan) Rp 6.762.300.

Pemberdayaan Masyarakat Desa
Pemeliharan Saluran Irigasi Tersier/Sederhana.

Pemeliharan Saluran Irigasi Tersier/Sederhana (Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kab. Kuningan)
Rp 8.150.000.

Pelatihan/Bimtek/Pengenalan Tekonologi Tepat Guna untuk Pertanian/Peternakan.

Jumlah Peserta Pelatihan/Bimtek/Pengenalan Tekonologi Tepat Guna untuk Pertanian/Peternakan (Dusun Pahing RT 03 RW 03 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kab. Kuningan)
Rp 29.997.500

Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Pasar Desa/Kios milik Desa.

Kios milik Desa (Dusun Pahing RT 03 RW 03 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kan. Kuningan)
Rp 80.418.250

Penyertaan Modal BUMDes (Dusun Pahing RT 03 RW 03 Desa Dukuhlor Kec. Sindangagung Kab. Kuningan)
Rp 16.000.000

(Tim)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.