IKM-SS Kupang Memperingati HUT Ke-47 Tahun

BERITA, NTT36 views

SERGAP.CO.ID

KOTA KUPANG, || Hari jadi Ikatan Keluarga Minang Saiyo Sakato (IKM-SS) Kupang berlangsung meriah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, walaupun di tengah kondisi pandemi Covid-19 masih ada namun semangat warga IKM-SS Kupang masih tetap tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya warga IKM-SS dengan cukup banyak. Kegiatan Hari Ulang tahun ke-47 ini dengan Tema: “Dengan Hut IKM Saiyo Sakato Ke-47, Kita Kenang Sejarah Masa Lalu, Kita Jalani Masa Sekarang, Kita Beri Harapan Masa Depan Supayo Kito Bakambang”.

Hadirnya Ikatan Keluarga Minang Saiyo Sakato (IKM-SS) Kupang di bumi Flobamorata ini, mereka seperti bangun dari tidur panjang. Semenjak berdiri pada 25 September 1975 lalu, di usia yang Ke-47 ini langsung menggebrak dengan melaksanakan kegiatan sosial donor darah dan ada beberapa kegiatan yang mendorong membangun Kota Kupang sesuai dengan mottonya “dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung”, keberadaan IKM-SS di Kota Kupang memberikan kontribusi kepada Pemda Kota Kupang. Kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang dirayakan yang Ke-47 tahun ini diadakan di Jl. Seiya Sekata No. 1, Kompleks Masjid Al-Muhajirin Oebufu Kota Kupang, Minggu (25/09/2022).

Sambutan Ketua Ikatan Keluarga Minang Saiyo Sakato (IKM-SS) Kupang Bapak Mu’allim Chaniago menyampaikan, “pada siang hari ini kita sama-sama hadir di rumah Gedung Serbaguna Saiyo Sakato Kota Kupang ini, dalam rangka peringatan hari jadinya Ikatan Keluarga Minang Saiyo Sakato (IKM-SS) Kupang pada tanggal 25 September 1975 lalu. Sudah 47 tahun keberadaan Paguyuban IKM-SS di Kota Kupang yang terasa dari awal pendiriannya sampai dengan sekarang tetap memakai semboyan dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung ini cukup memberikan arti kepada Pemda Kota Kupang dan juga provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)”, kata Ketua IKM-SS.

“Yang sama-sama kita hormati Bapak Kakan Kesbangpol Provinsi Nusa Tenggara Timur Bapak Ir. Yohanes Oktafianus bersama ibu, Selamat siang Bapak dan Ibu yang sama-sama kita hormati Bapak Kombes Taufik Irpan, S.H., M.H. yang sudah berada di tengah-tengah kita semuanya ikut memberikan kontribusi kepada IKM, yang sama-sama kita hormati Bapak Mayor Inf Dafrian, S.S. yang selalu memberikan warna di dalam paguyuban IKM-SS Kupang”.

“Acara ini juga terselenggara atas inisiator dari pada Ketua Panitia Bapak Irwan Rajo Sutan. Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian yang berbahagia, kenapa ada acara seperti ini? Salah seorang Pahlawan Nasional juga pengarang buku dan juga tokoh agama mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah sebuah negara/sebuah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan, kemudian adalah dimana Paguyuban menghargai para pendiri ini merupakan wujud nyata dengan kita berada di aula serbaguna ini adalah merupakan cita-cita besar daripada para pendahulu orang-orang Minang yang berada di kota Kupang ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini Bapak Kakan Kesbangpol Nusa Tenggara Timur akan menyampaikan tentang betapa pentingnya organ-organnya itu, Paguyuban dalam rangka bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia”, tuturnya.

“Tempat yang kita diami saat ini merupakan Gedung Serbaguna dan dalam penggunaannya untuk lapangan bulutangkis yg diresmikan langsung oleh Bapak Kakan Kesbangpol Provinsi NTT beberapa waktu yang lalu itu. Lapangan bulutangkis yang merupakan kado ulangtahun kami yang ke-47, ada orang bertanya apa hadiah kado ulang tahunnya? Hadiahnya adalah Hari Ulang Tahun ini kami mempersembahkan Gedung Saiyo Sakato Kupang untuk Pemda Kota Kupang Nusa Tenggara Timur, untuk kita gunakan secara bersama-sama untuk mereka yang jauh mendekat yang dekat tambah akrab lagi”, pungkasnya.

Ditempat yang sama Kakan Kesbangpol Provinsi NTT Bapak Ir. Yohanes Oktafianus menyampaikan, “ketika berbicara tentang suku Minang Sumatera Barat, saya tidak mengada-ada yang pertama sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, pertanyaan saya pahlawan dari Sumatera Barat? ternyata di Sumatera Barat ada 15 orang Pahlawan Nasional dari 168 orang Pahlawan yang ada di saat itu, luar biasa saya bangga dengan orang Minang. Selain itu kuliner dimana-mana, banyak orang jawa buat sendiri, Madura ada tapi yang mempunyai ciri khas di mana ada gambar Rumah Gadang itu pasti Minang dari seluruh rumah makan Padang di seluruh nusantara bahkan di luar negeri ada Warung Padang ini luar biasa”, ucap Yohanes.

Kegiatan HUT diisi dengan pemberian Nasi Kunyit Singgang Ayam yang diserahkan langsung oleh Ketua Ikatan Keluarga Minang Saiyo Sakato (IKM-SS) Kupang Bapak Mu’allim Chaniago kepada Bapak Kakan Kesbangpol Provinsi NTT Bapak Ir. Yohanes Oktafianus tanda ucapan terimakasih dari masyarakat minang dalam hal ini IKM-SS, kemudian diserahkan juga Nasi Kunyit Singgang Ayam kepada Pgs. Kapenrem 161/Wira Sakti yang selalu memberikan warna di dalam paguyuban IKM-SS Kupang.

Turut hadir pada kegiatan HUT ke-47 IKM-SS ; Kepala Kantor Kesbangpol NTT Bapak Ir. Yohanes Oktafianus, Hakim Tinggi PTA NTT Bapak Syahrial, Kombes Taufik Irpan, S.H., M.H., Letkol Laut (KH) Joni Efendi, S. Pd., M.Tr.Hanla., CTMP., Mayor Inf Dafrian, S.S., Ketua FPK NTT Bapak Theo Widodo, para Sesepuh IKM-SS Kupang dan Warga serta Pemuda Pemudi Minang.

( Ms/Sergap )

 184 total views,  2 views today

About Author

Komentar