Jaksa Masuk Sekolah,Pelajar SMA Negeri 1 Sigaluh Dapat Penyuluhan Dan Sosialisasi Hukum Dari Kejaksaan Negeri Banjarnegara

SERGAP.CO.ID

BANJARNEGARA, || (30/08/2022),- Untuk menghindari dan mencegah masalah hukum dilingkungan pelajar serta dalam dalam rangka pengenalan hukum sejak dini kepada pelajar, Kejaksaan Negeri Banjarnegara Kejaksaan Negeri Banjarnegara berikan penyuluhan dan sosialisasi hukum kepada pelajar SMA Negeri 1 Sigaluh melalui Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang digelar pada hari Selasa tanggal 30 Agustus 2022 bertempat di Aula Gedung Indoor atau GOR SMA Negeri 1 Sigaluh Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara, diikuti sekitar 250 pelajar (siswa/i) serta sekitar 30 guru / staf pengajar pada SMA Negeri 1 Sigaluh.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sigaluh Drs. Supriyanto, MM dan Camat Sigaluh Izak Danial Aloys, S, STP,. M. Si yang keduanya dalam sambutannya memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas kepedulian Pihak Kejaksaan Negeri Banjarnegara pada SMA Negeri 1 Sigaluh sehingga dapat hadir memberikan edukasi dan pemahaman pemahaman tentang hukum kepada pelajar (siswa/i) SMA Negeri 1 Sigaluh.

Kepala Kejaksaan Negeri Banjarnegara melalui Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Banjarnegara Yasozisokhi Zebua, SH selaku tim pelaksana kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Kejaksaan Negeri Banjanegara menyampaikan adapun materi yang disampaikan kepada pelajar dalam kegiatan penyuluhan dan sosialisasi hukum ini adalah pengenalan dan pemberian pemahaman tentang hukum berupa jenis pengelompokkan hukum berdasarkan sumbernya, berdasarkan sifat, berdasarkan wilayah berlakunya, maupun hukum berdasarkan isinya.

Kemudian pengenalan dan pemahaman terkait tindak pidana yang rawan terjadi dilingkungan atau kalangan pelajar sebagaimana yang diatur dalam UU Narkotika, UU ITE, UU Lalu Lintas, UU UU Darurat terkait senjata tajam dan senjata api, berikutnya pengenalan dan pemahaman tugas tugas dan fungsi serta kewenangan lembaga penegak hukum dan secara khusus tugas pokok fungsi dan kewenangan Kejaksaan, sekaligus memberikan motivasi kepada pelajar yang bercita cita menjadi penegak hukum atau abdi Negara.

Kasi Intel Kejari Banjarnegara Yasozisokhi Zebua lebih lanjut menjelaskan bahwa hadirnya kejaksaan dihadapan pelajar (siswa/i) SMA Negeri 1 Sigaluh saat ini tidak lain karena tugas fungsi dan kewenangan Kejaksaan dalam hal peningkatan kesadaran hukum masyarakat berupa pemberian edukasi dan pemahaman pemahaman tentang hukum kepada seluruh baik masyarakat secara umum, lingkungan birokrasi dan lainnya.

Termasuk kepada pelajar (siswa/i) dilingkungan sekolah tujuannya untuk agar semua bisa menjauhi dan terhindar dari masalah hukum, untuk pelajar tentu memberikan pengenalan hukum sejak dini kepada pelajar sekolah terlebih lebih terkait hukum yang rawan terjadi dikalangan pelajari sekolah.

Pada kesempatan kegiatan Kejaksaan Negeri Banjarnegara melaksanakan Pemeriksaan Kesehatan secara gratis kepada guru guru atau staf pengajar / staf Tata Usaha pada SMA Negeri 1 Sigaluh, pemeriksaan yang dilaksanakan oleh Dokter dan Tim Medis dari RSI Banjarnegara melalui Program Pemeriksaan Kesehatan Adhyaksa Sehat pada Kejaksaan Negeri Banjarnegara, yang merupakan program pemeriksaan kesehatan yang selalu dilaksanakan atas kerjasama antara Kejaksaan Negeri Banjarnegara dan RSI Banjarnegara.

Kasi Intel Kejari Banjarnegara Yasozisokhi Zebua menambahkan bahwa pemeriksaan kesehatan terlaksana atas kerjasama dan dukungan dari RSI Banjarnegara, program ini cukup penting dimana 2 hal yang yang harus dijauhi atau dihindari oleh siapapun adalah menjauhi masalah hukum dan menjauhi masalah penyakit, saya yakin tidak akan ada yang ingin mendapat masalah hukum maupun ingin sakit, maka dari itu seperti yang sering kita dengar kalau ingin Badan Sehat jauhkan penyakit, jika ingin Pikiraan Sehat maka jauhi masalah hukum, Ujar Kasi Intel Yas Zebua.

(Ms/Sergap)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.