Gubernur lampung Dan Bupati Tanggamus Hadiri Perayaan 50 Tahun Kemitraan PT. Nestle Indonesia Dengan Petani Kopi

Gubernur lampung Arinal Djunaidi Dan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani Hadiri Perayaan 50 Tahun Kemitraan PT. Nestle Indonesia Dengan Petani Kopi

SERGAP.CO.ID

TANGGAMUS, || Gubernur lampung Arinal Djunaidi Dan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menghadiri Kegiatan Perayaan 50 Tahun Kemitraan PT. Nestle Indonesia Dengan Petani Kopi, yang ditempatkan di Kebun Percontohan (Edufarm) Nestle Indonesia, di Pekon Singosari, Kecamatan Talangpadang, Kamis (4/11/2021).

Hadir dalam kesempatan itu, Tehnical Director PT. Nestle Indonesia Mr. Jean-Luc DeVuyst, GM Coffe & Beverages Nestle Indonesia Sherif Hani, Anggota Komisi V DPRD Lampung Yanuar Irawan, Headcrop Agriculture Indonesia Syahrudi, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Tanggamus, Pimpinan Asosiasi Kopi, UKM, serta para petani kopi di Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan juga diikuti secara virtual oleh Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar, Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Heru Tri Widarto.

Selain itu diserahkan juga bantuan berupa mesin pemotong rumput dan hewan ternak kambing, yang masing-masing diberikan kepada 15 perwakilan kelompok petani kopi mitra.

Mr. Jean-Luc DeVuyst dalam sambutannya mengatakan bahwa sejak tahun 1994, Nestlé telah bermitra dengan petani kopi lokal di Lampung untuk mendukung produksi kopi yang bertanggung jawab dan memastikan keberlanjutan lingkungan serta petani kopi di masa depan.

“Kemitraan ini diwujudkan melalui Tim Agri Service, dimana Nestlé Indonesia memberikan pendampingan dan pelatihan, sejalan dengan misi jangka panjang Nestlé untuk mendukung dan mempercepat transisi ke pangan regeneratif, yang bertujuan untuk melindungi dan memulihkan lingkungan untuk generasi mendatang,” terang Jean-Luc.

Jean-Luc melanjutkan, selama 50 tahun Nestle selalu berpegang teguh pada komitmen untuk berinvestasi di Indonesia.
Itu dilakukan dengan fokus untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja dengan menggunakan sebanyak mungkin bahan baku setempat, termasuk biji kopi, dan menghasilkan produk makanan dan minuman berkualitas dan bergizi yang aman dan lezat bagi konsumen, serta berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia.

“Kemitraan ini merupakan wujud nyata keyakinan kami bahwa untuk mencapai sukses jangka panjang. Masyarakat sekitar dimana kami beroperasi juga harus sejahtera. Oleh karena itu, kami ingin memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh mitra petani kopi di Lampung,” pungkasnya.

Sementara Bupati Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Nestle atas kemitraan yang dilakukan dengan petani kopi di Tanggamus.

“Semoga keberadaan PT. Nestle di Lampung dan khususnya di Tanggamus dapat membawa kebaikan bagi kita semua, sehingga kebersamaan ini akan
terus berlangsung dan membawa kemajuan bagi para petani kopi, bagi perusahaan, bagi pemerintah, dan bagi masyarakat,” ujar Bupati.

Bupati juga menyatakan Pemkab Tanggamus akan terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan dalam iklim investasi dan kesempatan seluas-luasnya kepada para investor di Kabupaten Tanggamus sebagai upaya dalam memajukan kesejahteraan masyarakat.

Namun, menurut Bupati, masih terdapat kekurangan dan pemasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus pada sektor perkebunan, khususnya perkebunan kopi, yang membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder yang ada.

“Beberapa permasalahan yang dihadapi petani dalam pengembangan hulu dan hilir hasil perkebunan di Tanggamus pada saat ini adalah permintaan yang banyak tetapi belum dapat diseimbangkan dengan hasil produksi yang memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya,” terang Bupati.

Oleh karenanya Bupati berharap kepada Pemerintah Provinsi Lampung dan Kementerian Pertanian, serta stakeholder terkait, untuk terus memberikan dukungan dan bantuan, serta meningkatkan sinergisitas, jejaring kerja dan kemitraan stakeholder kepada sektor perkebunan di Kabupaten Tanggamus.

“Dengan melihat potensi wilayah yang cukup mendukung dan animo petani yang tinggi, komoditas perkebunan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan yang berujung pada kesejahteraan petani dan masyarakat,” harap Bupati.

Sementara Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya, menyampaikan apresiasinya dan mendukung kerjasama antara Nestle Indo.

(Sahidi)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.