Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Purwakarta 2024

Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Purwakarta 2024

SERGAP.CO.ID

KAB. PURWAKARTA, || Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2024 di Kabupaten Purwakarta berlangsung meriah di Alun-Alun Pasanggrahan Pajajaran, pada Selasa, 22 Oktober 2024. Acara ini mengusung tema “Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan”, yang diartikan bukan hanya sebagai mengenang perjuangan para pendahulu, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama untuk menghadapi tantangan zaman modern.

Bacaan Lainnya

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Komandan Kodim 0619 Purwakarta, Letkol Inf Ardiansyah, membacakan amanat dari Menteri Agama. Dalam sambutannya, ia menjelaskan bahwa perjuangan santri masa kini berbeda dengan santri zaman dahulu. Jika dulu mereka mengangkat senjata melawan penjajah, sekarang santri berjuang melawan perburuan dan pembusukan dengan ilmu dan pena.

“Menyambung juang berarti melanjutkan nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para pendahulu. Santri masa kini mempunyai tanggung jawab besar, bukan hanya untuk menjaga, tetapi juga berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat,” ujarnya.

Letkol Inf Ardiansyah menekankan bahwa masa depan Indonesia berada di pundak para santri. Ia berharap Hari Santri 2024 menjadi momentum penting bagi seluruh santri untuk semakin percaya diri dan tekad meraih cita-cita mereka.

Santri bisa menjadi apa saja. Kita punya presiden berlatar belakang santri, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan wakil presiden berlatar belakang santri, KH. Ma’ruf Amin. Banyak juga menteri, pengusaha, dan birokrat yang dulunya adalah santri, “dia.

Ia juga mengingatkan pepatah pesantren “Man jadda wajada”, yang berarti barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. “Saya berpesan kepada para santri, rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi, terus berinovasi, dan berkontribusi untuk Indonesia yang gemilang,” tegasnya.

Letkol Ardiansyah juga menekankan bahwa Hari Santri bukan hanya milik santri atau pesantren. “Hari Santri adalah milik seluruh elemen bangsa yang mencintai negeri ini. Saya mengajak seluruh komponen bangsa, dari latar belakang apa pun, untuk merayakan Hari Santri,” tutupnya.

Acara berlangsung khidmat, dengan kehadiran para santri, tokoh masyarakat, dan pejabat daerah, menambah semarak peringatan yang penuh semangat perjuangan ini.

(Dw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.