Calon KOMCAD Korem 063SGJ siap unjuk gigi di tingkat Kodam IIISlw

Calon KOMCAD Korem 063SGJ siap unjuk gigi di tingkat Kodam IIISlw

SERGAP.CO.ID

CIREBON KOTA, || Korem 063/SGJ yang merupakan satuan di wilayah Kodam III/Siliwangi merupakan salah satu tempat seleksi calon anggota komponen cadangan (komcad), pada hari ini dilaksanakan seleksi calon anggota komponen cadangan (komcad) dari wilayah Kab. Karawang, Kab. Subang dan Kab. Purwakarta di Komplek Makorem 063/SGJ Jalan Brigjen Dharsono By Pass Kota Cirebon, Rabu, (02 Juni 2021).

Komponen cadangan (Komcad) sebagai bagian integral pertahanan negara merupakan kewenangan pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut dengan melibatkan seluruh sumber daya nasional dan sarana prasarana nasional dengan sumber pendanaannya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara. Sesuai dengan Pasal 30 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan negara, maka Anggota Komponen Cadangan (Komcad) adalah wajib bagi warga negara yang telah memenuhi persyaratan. Pembinaan Komcad dilakukan oleh Kementerian Pertahanan berbeda dengan Cadangan TNI/Bala Cadangan. Pembinaan Cadangan TNI/Bala Cadangan dilakukan oleh Panglima TNI. Komponen Cadangan adalah salah satu wadah dan bentuk keikutsertaan warga negara, seluruh sumber daya alam, sumber daya buatan serta sarana dan prasarana nasional dalam usaha pertahanan negara.

Sebelum peserta Komcad dari Kodim-Kodim Jajaran Korem 063/Sgj mengikuti seleksi di Kodam III/Slw, terlebih dahulu Korem 063/Sgj menyelenggarakan seleksi bagi calon Komcad yang berada di wilayah Korem 063/SGJ selama 2 hari ke depan. Materi yang diujikan antara lain pemeriksaan administrasi, kesegaran jasmani (lari, pull up dan renang dasar) dan tes akademik.

Calon KOMCAD Korem 063SGJ siap unjuk gigi di tingkat Kodam IIISlw

Disela kesibukan Kepala Staf Korem 063/SGJ Letkol Inf Heri Rustanto menyampaikan Korem 063/SGJ merupakan Sub Panda (Panitia Daerah) pendaftaran dan seleksi calon anggota komponen cadangan (komcad), setelah dinyatakan layak, maka calon peserta berhak mengikuti tes selanjutnya di Rindam III/Slw pada minggu ke II Juni 2021.

“Agar penyelenggara tetap mengedapankan faktor keamanan didalam pelaksanaan kegiatan, serta transaparan dan obyektif dalam kegiatan seleksi awal ini, sehingga calon peserta Komcad dari wilayah Korem 063/Sgj dapat dan mampuh bersaing dengan wilayah-wilayah lainnya,” ucap Kasrem.

Tidak Lupa, Letkol Inf Heri Rustanto menekankan kepada Panitia Seleksi calon anggota komponen cadangan (komcad), untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dimasa Pandemi ini, kepada para peserta dan masyarakat Pendaftaran calon anggota komponen cadangan (komcad) Gratis dan tidak dipungut Biaya. Untuk hari ini yang mengikuti test berjumlah 181 orang dari tiga wilayah yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang serta Kabupaten Purwakarta.

(Agus S)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.