Dua Paslon Cabup-Cawabup Putra Daerah Lebih Diunggulkan

Dua Paslon Cabup-Cawabup Putra Daerah Lebih Diunggulkan

SERGAP.CO.ID

KAB. MUARA ENIM, || Dua pasangan calon(Paslon) yang mengusung jargon putra daerah asli asal Kabupaten Muara Enim lebih disenangi dan dijagokan masyarakat Muara Enim. Dua Paslon itu yakni Paslon nomor urut 2, Calon Bupati Muara Enim, Edison dan Calon Wakil Bupati Muara Enim, Sumarni (SONNI) dan Paslon nomor urut 4 yakni Cabup, Ramlan Holdan dan cawabup, Ropi Alex Candra.

Bacaan Lainnya

Dukungan kedua Paslon ini cukup deras mengalir ketimbang dua Paslon lainnya yakni Paslon nomor urut 1, H Ahmad Rizali- Shinta Paramita Sari dan Paslon nomor urut 3, H Nasrun Umar-Lia Anggraini. Hal ini dikarenakan kedua sosok calon bupati Paslon ini, bukanlah Putra asli daerah Kabupaten Muara Enim. Keduanya, lebih mempopulerkan pernah menjabat sebagai Penjabat Bupati Muara Enim periode sebelumnya.

“Kalo kami lebih senang putra daerah asli, karna walaupun mereka tidak dikenal para pejabat, tetapi mereka merupakan asli dari desa di Kabupaten Muara Enim,” ungkap tokoh Pemuda Ujanmas, Andi Candra, kemarin.

Dikatakan Andi yang juga tim sukses Paslon nomor urut 2 ini, sosok Edison dikenal berasal dari Desa Banuayu Kecamatan Empat Petulai Dangku(EPD) lebih mudah diterima di desa-desa asalnya seperti Desa Banuayu, Kuripan, Siku, Dangku, Baturaja dan desa lainnya dalam kecamatan itu. Dirinya optimis, sosok Edison mampu menyedot 80 persen dukungan di desa-desa dalam kecamatan Empat Petulai Dangku. Begitu pula cawabup Edison yakni Sumarni yang berasal dari Desa Lubuk Raman Kecamatan Rambang Niru juga didukung penuh masyarakat di desa-desa dalam kecamatan itu seperti Lubuk Raman, Tebat Agung, Jemenang, Suban Jeriji dan desa lainnya.

“Tak hanya dari kedua kecamatan itu, kecamatan terdekat seperti Ujanmas, Gunung Megang dan Belimbing juga menyatakan dukungan. Keduanya perwakilan wilayah tengah Kabupaten Muara Enim,” terang Andi.

Hafizul Ahkam, yang terlibat juga di Paslon nomor urut 4, Ramlan Holdan-Ropi Alex Candra lebih mempopulerkan ketokohan keduanya yang merupakan putra daerah asli Kabupaten Muara Enim. Ramlan Holdan, kata Hafiz, dikenal sebagai calon Bupati dari daerah Semende. Ketokohan Ramlan, diharapkan menguasai wilayah 3 Semende yakni SDU, SDT dan SDL serta Tanjung Agung dan Panang Enim. Sementara, Ropi Alex Candra, kata Hafiz, diharapkan mendapatkan lumbung suara di kecamatan Gelumbang dan sekitarnya seperti Muara Belida, Sungai Rotan, Kelekar, Belida Darat dan Lembak.

“Karena Ropi merupakan putra daerah asli dari Gelumbang. Nampaknya masyarakat lebih mudah didekati dengan memperkenalkan mereka yang merupakan putra daerah asli,” jelas Hafiz.

Lebih jauh Hafiz menjelaskan, perpaduan dua paslon hulu dan hilir ini mendapat apresiasi dari masyarakat dan masyarakat Kabupaten Muara Enim saat ini butuh Putera Daerah yang diharapkan dapat membangun Kabupaten Muara Enim 5 tahun ke depan.

“Ramlan Holdan satu-satunya Calon Bupati dari Semende. Sementara suku Semende merupakan suku terbesar di Kabupaten Muara Enim, betapa tidak, suku Semende terdata sebanyak 127 ribu orang yang tersebar di tiap desa dalam Kabupaten Muara Enim. Sementra Ropi adalah satu-satunya putera marga Belide, dimana marga Belide terdata sebanyak 120 ribu orang, inilah yang membuat keinginan masyarakat, yaitu putera daerah,” pungkas Hafiz

Sementara, tim sukses Paslon nomor urut 1, Ahmad Rizali- Shinta Paramita Sari dan Paslon nomor urut 3, Nasrun Umar-Lia Anggraini selain menonjolkan calon Bupati dari mantan penjabat Bupati Muara Enim, kedua Paslon ini juga menonjolkan kesan Putra Putri daerah di calon Wakil Bupati masing-masingnya yakni Shinta Paramita Sari dan Lia Anggraini yang merupakan Putri daerah dari wilayah Semende.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Muara Enim, Rohani pada sambutannya pada sesi debat calon Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim yang disiarkan melalui canel TVRI Sumsel mengatakan bahwa ke empat Paslon Cabup dan Cawabup Muara Enim memiliki kans yang sama dalam meraih dukungan, dan ke empat Paslon ini merupakan putra Putri daerah terbaik dan diharapkan membawa perubahan di Kabupaten Muara Enim kelak.

(Nur Yasmin Thohira)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.