Pendampingan Babinsa dalam sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

SERGAP.CO.ID

TABUNDUNG, || Babinsa Koramil 04/Tabundung, Kodim 1601/Sumba Timur Serda Ejiman menghadiri kegiatan Pendampingan Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang bertempat di Desa Wudipandak, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Rabu (25/10/2023)

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Babinsa, Babinkamtibmas, Nakes Puskesmas Malahar, perwakilan kader lingkungan dan masyarakat setempat.

Dalam arahannya, Pengelola Program Kesling, Ibu Nur Aisyah Koho, A.Md.KL dari Puskesmas Malahar mengatakan, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) merupakan upaya pendekatan perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

“Dimana dalam kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada Masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari hari,” kata bu Nur Aisyah.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini salah satunya dengan memberikan pemahaman kepada Masyarakat tentang perilaku hidup sehat dalam kehidupan bermasyarakat dengan Kadernya sebagai penggerak utamanya.

Dikesempatan yang sama Babinsa Serda Ejiman juga menyampaikan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat STBM dan meningkatkan akses kebersihan serta kesehatan lingkungan, sarana jamban dan menurunkan angka buang air besar sembarangan.

“Pentingnya menjaga kesehatan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar serta program pemerintah dari dinas kesehatan ini tentu didukung dari semua elemen baik dari tingkat pemerintah desa maupun TNI untuk ikut menunyaskan program STBM”, ungkap Babinsa Serda Ejiman.

(MSS**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.