Kantor Cabang BRI Kuningan Melaksanakan Program CSR BRI Peduli Berupa Pembangunan Sarana dan Prasarana Tempat Pengolahan Sampah Bank Sampah

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Dalam rangka melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Bandung dan Kantor Cabang BRI Kuningan melaksanakan program CSR BRI Peduli berupa Pembangunan Sarana dan Prasarana Tempat Pengolahan Sampah Bank Sampah Unit Tugumulya Tahun 2023, yang bertempat di Desa Tugumulya Kecamatan Darma. Selasa (17/10/2023).

Peletakan batu pertama pembangunan sarana dan prasarana tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH, Wapinwil BRI Kantor Wilayah Bandung Barkah Mulyanto, Pimpinan BRI Cabang Kuningan Ivan Abdul Latif, Kepala DPMD Dr. H. Mohammad Budi Alimudin, SE., M.Si, Sekretaris DLH H. Eka Mulyawan, ST., M.Si, Kepala Camat Darma Eko Yuyud Mahendra, AP., M.Si, dan Kepala Desa Tugumulya Hamid Wahyudi.

Menurut Kades Tugumulya mengungkapkan terima kasih pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, dan BRI Kanwil Bandung atas bantuan CSR yang telah diberikan kepada Bumdes Desa Tugumulya ini, hal ini merupakan wujud perjuangan dan kerja keras kita semua, sehingga Tugumulya mendapatkan bantuan CSR dari BRI Peduli dalam rangka untuk mengembangkan potensi di bidang pengelolaan sampah yaitu bank sampah. Menurutnya 60 persen penghasilan dari pengelolaan bank sampah unit Tugumulya ini dapat membantu masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan, dengan mengelola sampah plastik yang telah dicacah menggunakan mesin yang dirakit sendiri menjadi paping blok.

Sementara itu Wapinwil BRI Bandung mengungkapkan, bahwa CSR BRI Peduli ini terselenggara hasil kerjasama dan kolaborasi yang baik seluruh stakeholder dan khususnya Pemda Kuningan dan Desa Tugumulya sehingga bantuan ini bisa terealisasi sesuai dengan harapan. Menurutnya bantuan CSR BRI ini merupakan bantuan untuk pengembangan bank sampah unit Tugumulya, sebagi upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjadi solusi penanganan sampah di lingkungannya dan kepedulian BRI dalam menjaga lingkungan yang lestari.

“Bantuan yang diberikan ini berupa bangunan untuk pengolahan sampah, kendaraan roda empat untuk menunjang operasional BSU tugumulya, dan bantuan penyaluran air bersih untuk wilayah yang mengalami kekeringan, dengan harapan pengelolaan sampah ini bukan dijadikan musibah, tetapi menjadikan sampah ini menjadi berkah”, ujarnya.

Diwaktu yang sama Bupati juga mengapresiasi dan menyammbut baik pada Bank BRI yang telah memberikan CSRnya kepada Bumdes Desa Tugumulya, Ia berharap dengan didapatkannya bantuan ini BSU Tugumulya akan terus berkembang dan dapat dimanfaatkakn dengan sebaik-baiknya.

“Saya titip kepada Bumdes Desa Tugumulya untuk dapat memanfaatkan dan merawat dengan baik bantuan yang telah diberikan oleh Bank BRI, jadikan fasilitas ini untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki untuk manjadikan Desa yang unggul dan mandiri”, ungkap Bupati.

Sambungnya, dengan pendampingan seperti ini dapat memberikan dampak yang luas bagi seluruh masyarakat, disamping menyelsaikan persoalan sampah, akan tetapi dengan sampah dapat dijadikan berkah dengan memanfaatkan potensi yang sangat luar biasa dan dapat dicontoh oleh Desa-Desa lainnya.

(Agus M)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.