Pemkab Kuningan Gelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Dalam rangka pengelolaan keuangan Desa yang akuntabel dan peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi Desa yang berkelanjutan dilaksanakan workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa pada Pemerintah Kabupaten Kuningan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom Rumah Makan Raja Seafood Kamis (19/10/2023).

Ketua panitia pelaksana kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Pemerintah Desa terhadap pengelolaan keuangan dan pembangunan Desa.

Turut hadir dalam acara tersebut anggota komisi XI DPR RI Dr. TR. Agun Gunanjar Sudarsa, BC.IP., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dr. H. Mohamad Budi Alimudin, SE, M.Si., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Ucu Suryana, M.Si dan para Kepala Desa.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., menyampaikan bahwa kelahiran Undang-Undang Desa merupakan tonggak sejarah yang telah menjadi titik awal kebangkitan Desa, karena kita menyadari bahwa sebagian besar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ini ada di Desa, dengan demikian kebijakan Pemerintah untuk memperkuat Desa adalah kebijakan yang sangat tepat untuk mewujudkan Desa yang maju mandiri dan sejahtera sebagaimana amanat undang-undang Desa.

“Disamping itu ada beberapa kebijakan Kabupaten Kuningan yang menunjang dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, diantaranya perlindungan sosial bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa melaui jaminan kesehatan nasional oleh bpjs kesehatan dan perlindungan sosial berupa jaminan keselamatan dan kecelakaan kerja melalui bpjs ketenagakerjaan.” Ucap Sekda Dian.

Lebih lanjut Sekda Dian mengatakan optimis bahwa penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Kabupaten Kuningan akan berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, karena Kepala Desa dan perangkat Desa di Kabupaten Kuningan merupakan aparat yang ta’at, disiplin dan memiliki motivasi yang tinggi, sehingga kegiatan pembangunan dan pemberdayaan, khususnya yang bersumber dari dana desa pada umumnya dapat berjalan dengan baik.

Kegitan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Dr. TR. Agun Gunanjar Sudarsa, BC.IP., M.Si yang di moderatori oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dr. H. Mohamad Budi Alimudin, SE, M.Si.

Kegiatan workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa pada Pemerintah Kabupaten Kuningan ini dilaksanakan secara Luring dan Daring yang dihadiri oleh Kepala Desa, Aparatur Desa dan Aparatur Kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan.

(Agus.M)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.