Bantuan 3 Juta Benih Ikan Dan Pakan Ikan di Berikan Kepada 28 POKDAKAN Dan 19 POKMASWAS Oleh Bupati lahat

SERGAP.CO.ID

LAHAT, || Dinas Perikanan Kabupaten Lahat berhasil menyerah 3 juta bibit ikan dan pakan ikan kepada 28 kelompok Budidaya Ikan dan Kelompok Masyarakat Pengawas di Kabupaten Lahat Tahun 2023, Swasewada Ikan Menuju Lahat Bercahaya. Penyerahan diberikan langsung oleh Bupati Lahat H Cik Ujang SH didampingi oleh Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Hj Lidyawati Cik Ujang S HUT MM dan Ketua GOW Hj Sumiyati Haryanto, kegiatan berlangsung di Halaman Lapangan Kantor Perikanan Kabupaten Lahat, selasa (15/08/23).

Turut hadir dalam acara tersebut Unsur Forkopimda, TBUPP, Staf Ahli, Asisten, OPD terkait, Para Camat, Para Lurah, Para Kades, Kelompok Pembudidaya Ikan, Kelompok Masyarakat Pengawas di Kabupaten Lahat dan tamu sesuai undangan.

Dalam laporannya Dinas Perikanan H. Agustia Budiman MM menyampaikan, Penyaluran 3 juta dan 42 ton pakan ikan bantuan yang diberikan berupa 3.150 ekor ikan dan 42 ton 790 kg pakan untuk 28 kelompok budidaya ikan dan 19 kelompok masyarakat pengawas bapak bupati dan wakil bupati yang hadirin yang kami hormati bantuan ini digagas dan diprogram oleh pak bupati dan kami eksekusi dinas Perikanan Kabupaten Lahat.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa kebutuhan ikan di Kabupaten Lahat selama 1 tahun 11 ton 400 kilo. Sementara kemampuan produksi ikan Kabupaten Lahat berkisar 4600 ton per tahun terdapat kekurangan 6400 ton per tahun. Maka melalui kegiatan bantuan 3 juta benih ikan ini setelah dilakukan analisa budidaya secara teknis maka Insyaallah pada tahun 2023 kita akan surpluskan,” sampainya.

Agustia Budiman menambahkan Kelompok budidaya ikan bantuan ini merupakan upaya besar dari Pak Bupati dan Wakil Bupati Lahat yang mana setahu kami pak, kami sudah 29 tahun bekerja baru satu kali ini 3 juta bibit dibandingkan dengan masyarakat. Mari kita jaga amanat dari Pak Bupati dan Wakil Bupati Lahat semoga aktivitas perikanan yang Bapak berikan kepada kelompok bermanfaat dan untuk simultan seterusnya,” tutupnya.

Sementara Bupati Lahat, H Cik Ujang SH dalam sambutannya mengatakan saya atas nama Pemerintah Kabupaten Lahat dan seluruh jajaran mengucapkan selamat atas diluncurkannya kegiatan bantuan benih ikan sebanyak 3 juta benih dan pakan ikan untuk kelompok budidaya ikan dan kelompok masyarakat pengawas di Kabupaten Lahat.

“Bantuan yang diberikan berupa benih ikan nila 600.000 ekor, benih ikan mas 600.000 ekor, benih ikan patin 450.000 ekor, benih ikan jerawat 300.000 ekor, benih ikan gurami 300.000 ekor, benih ikan gabus 300.000, benih ikan baung 450.000 ekor, benih ikan semah 150.000 ekor dan pakan ikan 42 juta 790.000 kg, yang tadi setelah setelah secara sembunyi sudah kita berikan kepada kelompok-kelompok Tani se Kabupaten Lahat,” ucap Bupati.

Bupati Lahat itu juga menuturkan, kegiatan bantuan benih ikan dan pakan ikan merupakan salah satu agenda rutin untuk meningkatkan produksi ikan dalam Kabupaten Lahat sehingga target Swasembada ikan dapat tercapai dan sejalan dengan program gerakan Sumsel Mandiri pangan yang dicanangkan gubernur Sumatera Selatan untuk menciptakan kemandirian dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” tutupnya.

(Agusman)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.