
Sergap.co.id
Kab. Bandung — Kecamatan Baleendah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD sebagai tonggak penting dalam merencanakan pembangunan yang efektif dan akurat. Kegiatan rutin tahunan ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
“Perencanaan yang baik adalah kunci keberhasilan pembangunan. Jika perencanaan matang, Insya Allah semua kegiatan akan berjalan lancar. Sebaliknya, perencanaan yang kurang akurat akan menimbulkan masalah dalam pelaksanaannya,” ujar Camat Baleendah saat sambutan pada Senin 24 Pebruari 2025 di Aula kecamatan
Musrenbang Baleendah 2026 bertujuan untuk menyelaraskan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dengan kebijakan daerah, provinsi, dan pusat. Selain itu, perencanaan pembangunan juga harus sesuai dengan program-program pemerintah, visi misi Kabupaten Bandung (Astacita), serta aspirasi masyarakat.
“Musrenbang ini adalah cerminan keterlibatan seluruh warga masyarakat dalam merencanakan pembangunan, atau yang disebut dengan bottom-up planning,” jelas Eef Camat Beleendah
Sebelum Musrenbang tingkat kecamatan, telah dilaksanakan berbagai tahapan pra-Musrenbang untuk menjaring aspirasi dan merumuskan program-program yang akan diusulkan melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).
“Musrenbang tingkat kecamatan ini adalah puncak dari serangkaian tahapan yang telah kita lalui. Program-program yang dihasilkan akan menjadi dasar penyusunan RKPD Baleendah tahun 2026,” tambah Eef
Dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, diharapkan Musrenbang Baleendah 2026 dapat menghasilkan perencanaan pembangunan yang aspiratif, akurat, dan berdampak positif bagi kemajuan kecamatan Baleendah,” tukasnya
Musrenbang ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk perwakilan dinas terkait, anggota DPRD Kabupaten Bandung dari daerah pemilihan 6, para kepala desa, lurah, anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), pengurus RW, serta tamu undangan lainnya.
(Asp )