Pemdes Cipeteuy Telah Realisasikan Ketahanan Pangan, Sukses Dalam Budi Daya Ternak Domba

Pemdes Cipeteuy Telah Realisasikan Ketahanan Pangan, Sukses Dalam Budi Daya Ternak Domba

SERGAP.CO.ID

KAB. SUMEDANG, || Pemerintah Desa Cipeteuy, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. pada tahun 2023, telah merealisasikan anggaran Dana Desa untuk ketahanan pangan hewani dengan pagu anggaran sebesar Rp 145.974.000,- anggaran tersebut untuk pembelian domba, pembuatan kandang dan pembinaan kelompok peternak domba.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Cipeteuy Hj. Maenah Nurlaelah, di dampingi Sekdes Ahdiriansyah dan Bendahara Ridwan memaparkan, anggaran peruntukannya untuk ketahanan pangan, sebesar Rp 145.974.000,- yang telah di alokasikan untuk pembelian domba sebanyak 26 ekor yakni betina 20 ekor dan jantan 6 ekor anggaran itu juga, untuk pembuatan kandang yang ditempatkan di dua lokasi dan untuk pembinaan kelompok ternak domba.

Pemdes Cipeteuy Telah Realisasikan Ketahanan Pangan, Sukses Dalam Budi Daya Ternak Domba

“Alhamdulilah sampai saat ini, domba sudah berkembang biak, yang awal nya jumlah 26 ekor, sekarang tercatat sudah mencapai 58 ekor domba, dari hasil pengurusan domba telah di nikmati baik anggota kelompok maupun warga sekitar nya,” Paparnya, saat ditemui di kantor desa cipeteuy, pada kamis (24/10/2024).

Sekdes Cipeteuy Ahdiriansyah menambahkan, Bahwa penduduknya mayoritas bertani, berkebun dan berternak jadi ketika ada anggaran dari Desa kaitan dengan pertanian, peternakan maupun perkebunan, warga masyarakat Desa Cipeteuy tidak asing lagi karena dalam keseharian nya bertani.

“Alhamdulillah salah satunya bantuan KUBE sudah berkembang juga, kami disini rencanya akan membuka lahan tanaman kopi, yang di prioritaskan di sekeliling rumah warga, dan hasil nya nanti akan di tampung, di olah sama warga sampai benar- benar kopi tersebut bisa di nikmati oleh masyarakat Desa Cipeteuy dan selebihnya akan kami pasarkan ke luar desa cipeteuy melalui Bumdes,” Pungkasnya.

(Yas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.