Tingkatkan Produksi Pangan, Babinsa Pratu Anton Bantu Garap Sawah Dengan Traktor

SERGAP.CO.ID

PAHUNGA LODU, || Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Pahunga Lodu Kodim 1601/Sumba Timur Pratu Anton Ndima membantu Bapak Nesa membajak sawah seluas 1 hektar dengan menggunakan hand traktor, di Desa Pemburu, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur. Selasa (15/10/2024)

Bacaan Lainnya

Babinsa Praka Anton Ndima mengatakan, pengolahan sawah menggunakan hand traktor ini dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami. Hal ini karena sifat fisik tanah yang semula keras menjadi datar dan berlumpur.

“Sebelumnya Bapak Nesa menggunakan hewan sapi atau kerbau untuk membajak sawah, karena membutuhkan waktu yang lama, sehingga petani saat ini menggunakan hand traktor guna mempersingkat waktu pengolahan sawah,”ujarnya.

Dirinya menambahkan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah tersebut yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Selanjutnya airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.“Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, “ungkapnya.

“Dengan menggunakan alat ini, dapat mempercepat pengerjaan, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dapat meningkatkan hasil panen dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan nasional,” pungkas Babinsa Praka Anton.

(Ss*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.