Minimalisir Kecelakaan, Polisi Kembali Tambal Jalan Berlubang di Labuan Bajo

SERGAP.CO.ID

LABUAN BAJO, || Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Barat kembali turun tangan memperbaiki jalan rusak tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Mutiara Labuan Bajo, Sabtu (05/10/2024) siang.

Perbaikan jalan ini merupakan respon terhadap keluhan masyarakat, apalagi lokasi tersebut merupakan kawasan strategis yang menyediakan wisata kuliner sekaligus menampilkan keindahan sunset bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Pariwisata Super Premium itu.

Sebelumnya pada Rabu (02/10) lalu personel dari Satlantas Polres Manggarai Barat juga memperbaiki jalan rusak. Meski bukan menjadi tugas kepolisian, namun hal ini dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena jalan berlubang.

Terpantau, perbaikan jalan berlubang dilakukan langsung sejumlah anggota Satlantas Polres Manggarai Barat. Kendati mengenakan seragam, sejumlah anggota tak segan-segan menambal jalan yang berlubang dengan semen.

Sementara untuk menghindari adanya pengguna jalan yang melintasi jalan basah yang baru selesai diperbaiki, anggota Satlantas memasangi sejumlah barrier dan papan penanda di sekitar lokasi.

Kapolres Mabar, AKBP Christian Kadang, S.I.K. melalui Kasat Lantas, AKP I Made Supartha Purnama, S.Sos. mengatakan, petugas dikerahkan bersama-sama untuk menambal jalan tersebut.

Karena dalam beberapa hari terakhir ini kondisi lubang mengkhawatirkan pengguna jalan. Luas lubang jalan itu bertambah parah.

“Perbaikan jalan ini dilakukan sebagai inisiatif dan respon cepat atas keluhan masyarakat, salah satunya dari Ketua Majelis Jemaat GMIT Gunung Salmon Labuan Bajo, Pdt. Hendrik Kudjirihi. Meskipun sifatnya sementara dan tidak tahan lama minimal dapat mencegah kecelakaan akibat jalan berlubang terutama bagi pengendara sepeda motor,” kata Kasat Lantas.

Kasat Lantas mengungkapkan kegiatan ini juga dilakukan sebagai upaya meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas serta dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan dan masyarakat.

Meski hanya dengan menggunakan semen, pasir dan koral, pihaknya berharap setidaknya jalan yang berlubang bisa tertutup dan bisa menekan potensi kecelakaan lalu lintas.

“Dengan adanya perbaikan jalan sementara ini diharapkan masyarakat bisa melewati jalan dan tidak terjadi kecelakaan. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya tetap mengimbau agar pengguna jalan tetap berhati-hati serta menaati aturan berlalulintas, seperti memerhatikan rambu-rambu yang dipasang dan melengkapi diri dengan kelengkapan berkendara seperti Helm, TNKB dan yang lainnya.

“Keselamatan dalam berkendara adalah tanggungjawab bersama. Kami minta masyarakat untuk patuh terhadap aturan demi menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain di jalan raya. Dengan kesadaran dan ketaatan itu diharapkan tercipta lingkungan berkendara yang lebih aman dan tertib,” imbau Ajun komisaris polisi itu.

Disisi lain, langkah Satlantas Polres Manggarai Barat yang mmperbaiki jalan itu mendapat apresiasi dari masyarakat pengguna jalan.

“Inisiatif dan kepedulian dari kepolisian lalulintas ini patut diapresiasi, atas nama pengguna jalan kami sampaikan banyak terimakasih,” ucap Burhan salah seorang pengguna jalan yang melintas disela kegiatan perbaikan jalan itu.**#

(Ss**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.