Bawaslu Sumba Tengah Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Netralitas Kepala Desa

SERGAP.CO.ID

SUMBA TENGAH, || Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumba Tengah mengadakan sosialisasi tentang pengawasan partisipatif dan netralitas kepala desa menjelang Pemilihan Serentak 2024.Kegiatan ini diadakan pada, Sabtu, 21 September 2023 di aula GKS Jemaat Mambitul Cabang Laigoli dan dihadiri oleh puluhan kepala desa se Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bacaan Lainnya

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilu.

Ketua Bawaslu Sumba Tengah, Yeremias Umbu Yagu, menyatakan bahwa partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan pemilu sangat penting untuk menjaga integritas dan keadilan dalam proses pemilihan.

Yeremias menjelaskan bahwa netralitas kepala desa sangat krusial dalam memastikan pemilihan yang adil dan demokratis.

Kata dia, kepala desa sebagai pemimpin di tingkat bawah, diharapkan dapat memberikan contoh yang baik dan tidak memihak pada salah satu calon selama proses pilkada.

“Kepala desa sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat desa harus mampu menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis selama masa pemilihan,” tegas Yeremias.

Pantau Sergap.Co.Id, saat ini sedang berlangsung pemaparan materi yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Sumba Tengah, Tokoh Pegiat Pemilu, Lucia N. M. Piranyawa, dan Pj Bupati Sumba Tengah, Dr. Jusuf Lery Rupidara.

(Ss**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.