Kapolres PPU Bersama Forkopimda Resmikan Puncak Festival Harmoni Budaya Nusantara Tahun 2024

Kapolres PPU Bersama Forkopimda Resmikan Puncak Festival Harmoni Budaya Nusantara Tahun 2024

SERGAP.CO.ID

KAB. PENAJAM PASER UTARA, || Puncak Festival Harmoni Budaya Nusantara (FHBN) Tahun 2024 resmi dibuka di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Acara pembukaan yang berlangsung pada Jumat, 6 September 2024, di Taman Penyembolun, depan Kantor Bupati PPU, dihadiri oleh Kapolres PPU AKBP Supriyanto SIK M.Si serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten PPU. Jum’at 6/09/24.

Festival ini yang berlangsung dari 5 hingga 7 September 2024, merupakan perayaan budaya Nusantara yang bertujuan mempererat persatuan di tengah keberagaman masyarakat Indonesia dan mendukung pengembangan ekonomi kreatif di daerah.

Kapolres PPU AKBP Supriyanto menyatakan kebanggaannya atas pelaksanaan FHBN di wilayahnya. “Festival ini sangat penting tidak hanya sebagai perayaan budaya, tetapi juga sebagai jembatan untuk mempererat hubungan antarbudaya dan mendorong pemahaman yang lebih mendalam tentang kekayaan budaya lokal,” ujar Supriyanto. Ia menambahkan bahwa pihak kepolisian akan memastikan keamanan dan kelancaran selama festival berlangsung.

Pembukaan festival juga dihadiri oleh sejumlah pejabat Forkopimda, termasuk Bupati PPU Makmur Marbun, dan perwakilan dari berbagai kementerian. Forkopimda menunjukkan komitmennya dalam menyukseskan festival ini dengan memberikan dukungan berupa koordinasi dan fasilitas acara.

Pada kesempatan yang sama, diluncurkan pula 30 Sekolah Laboratorium Pancasila (SLP) di Kabupaten PPU. Program ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dan kearifan lokal kepada siswa. Bupati Makmur Marbun mengapresiasi peluncuran SLP sebagai langkah strategis dalam mencetak generasi penerus yang unggul dan memiliki pemahaman mendalam tentang Pancasila.

Bupati Marbun menekankan tema festival tahun ini, “Merajut Persatuan dalam Keberagaman,” yang mencerminkan upaya untuk menciptakan keselarasan, persatuan, dan penghargaan antara berbagai budaya di masyarakat. “Kebudayaan adalah perekat kebangsaan kita. Dengan peralihan Ibu Kota Negara ke Ibu Kota Nusantara, festival ini sangat relevan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Nusantara sekaligus memperkuat rasa persatuan,” ujarnya.

FHBN 2024 juga merupakan bagian dari inisiatif pemerintah untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mendukung pengembangan ekonomi kreatif, dan memperkuat potensi pariwisata di daerah. Festival ini diharapkan menjadi wadah bagi pelaku seni dan budaya untuk menampilkan karya mereka serta memberikan kontribusi terhadap kemajuan budaya dan ekonomi lokal.

Acara pembukaan FHBN dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya, pameran kerajinan tangan, musik, tari tradisional, dan kuliner khas daerah, yang memikat perhatian pengunjung dan mempererat identitas budaya nasional serta pembangunan manusia di Kabupaten PPU dan sekitarnya.

( Jimmi/ Humas Polres PPU).

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.