Siap Amankan Pilkada Serentak di Wilayah Tapal Batas, Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief Pimpin Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Turangga 2024

Siap Amankan Pilkada Serentak di Wilayah Tapal Batas, Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief Pimpin Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Turangga 2024

SERGAP.CO.ID

BELU NTT, || Memasuki era krusial tahapan pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakili Bupati khususnya di wilayah kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan negara RDTL (Timor Leste), Kepolisian Resor Belu menandainya dengan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Turangga di lapangan apel Polres Belu, senin (26/08/2024).

Bacaan Lainnya

Apel gelar pasukan yang dimulai pukul 08.30 wita, dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K dengan Perwira Upacara, Kabag Ops Polres Belu , AKP I Nengah Sutawinaya, SH serta Komandan Apel, IPTU I Nyoman Sukasada.

Siap Amankan Pilkada Serentak di Wilayah Tapal Batas, Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief Pimpin Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Turangga 2024

Membacakan amanat  Kapolda NTT, Irjen Pol. Danial Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A, Kapolres Belu selaku Inspektur Apel menuturkan, apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja ini dilaksanakan bertujuan mengecek kesiapan personel maupun sarana prasarana Polri beserta unsur terkait sehingga Pilkada 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Masih dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Belu, Kapolda NTT mengungkapkan, Operasi Mantap Praja Turangga 2024, yang akan dilaksanakan selama 121 hari, terhitung dari 27 Agustus hingga 25 Desember 2024, melibatkan lebih dari 6.000 personel Polda NTT, 486 personel Brimob, serta hampir 29.000 personel Linmas.

“Pasukan ini akan disebar di 9.714 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 21 kabupaten dan 1 kota di Provinsi NTT. Dengan kekuatan yang ada, Saya perintahkan kepada seluruh jajaran, untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan pilkada dengan sebaik–baiknya”ungkapnya.

“Ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta pilkada tahun 2024, serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai hati nuraninya”tambahnya.

Untuk kesiapan menghadapi tugas pengamanan pemilukada serentak tahun 2024, Kapolres Belu memberikan 5 (lima) pesan untuk dipedomani anggota Polri dan instansi terkait antara lain Siapkan mental dan fisik serta jaga stamina dengan dilandasi moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. sehingga dapat menampilkan jati diri Polri sebagai pelindung,pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum yang profgesional, jujur, benar, adil, transparan dan akuntabel.

Kapolres Belu juga meminta anggota untuk meningkatkan deteksi dini dan petakan setiap kerawanan pada setiap tahapan pemilukada dengan mengedepankan fungsi intelijen dan bhabinkamtibmas guna mengetahui tiap perkembangan yang ada dalam masyarakat sehingga setiap permasalahan yang berpotensi dapat mengganggu jalannya pelaksanaan pemilukada dapat diantisipasi sedini mungkin dan tidak memberikan dampak yang lebih luas.

“Ketiga, Perkokoh kerja sama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu, unsur TNI dan segenap komponen masyarakat  guna mewujudkan sinergisitas yang proaktif dalam rangka pengamanan pemilukada serentak tahun 2024” Pesan Kapolres Belu.

“Keempat, Agar selalu menjaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan pemilukada ini. Dan terakhir Lakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran tindak pidana pemilukada secara tuntas dan terpadu melalui sentra gakkumdu”pungkas Kapolres Belu.

Apel gelar pasukan ini ditandai dengan pemasangan pita secara simbolis kepada perwakilan oleh Inspektur Apel serta pemeriksaan pasukan oleh Kapolres Belu yang didampingi Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM, Dandim 1605 Belu, Letkol Arh Suhardi serta Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY, Letkol Inf Trijuang Danarjati, S.A.P.

Hadir dalam apel gelar pasukan pagi tadi antara lain Pasi Intel Kejaksaan Negeri Atambua, Ketua KPU Kab. Belu, Ketua Bawaslu Kab. Belu, Wakapolres Belu, Kepala BPBD Belu, Kaban Kesbangpol Kab. Belu, Komisioner Bawaslu Kab. Belu serta Kepala Dinas Kesehatan Kab. Belu.

Hadir juga Wadanyon A Pelopor Atambua, Kasub Den Pom Atambua, Para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran serta Perwira Staf Polres Belu, Kepala RRI, Para Pemimpin dan Pengurus Partai Politik peserta pilkada di wilayah Kabupaten Belu, Tokoh Agama serta insan Pers.

Sementara barisan apel terdiri dari  Barisan Sub Den Pom Atambua, Kodim 1605/Belu, Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Atambua, Sat Samapta Polres Belu, Sat Lantas Polres Belu, Sat Binmas Polres Belu, gabungan Sat Reskrim, Sat Intelkam, Sat Tahti dan Sat Narkoba Polres Belu, Barisan Sat Pol PP Kab. Belu, serta Linmas.

Setelah dilaksanakan apel gelar pasukan dilanjutkan dengan Pembacaan sekaligus penandatanganan Ikrar Damai Pilkada 2024 oleh peserta Partai pilkada Belu.

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Belu, Kapolres Belu, Dandim 1605 Belu, Dansatgas Pamtas RI-RDTL, Ketua KPU Kab. Belu, Ketua Bawaslu Kab.Belu, Wakapolres Belu dan para Ketua/Pengurus Partai Politik.

(MSS**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.