Eksistensi Organisasi Daerah di Universitas

Eksistensi Organisasi Daerah di Universitas

SERGAP.CO.ID

MALANG, || Organisasi daerah merupakan suatu kumpulan orang-orang yang ada di suatu tempat dengan memiliki tujuan yang sama. Organisasi daerah mengkaji soal isu yang sedang terjadi di daerah yang bersangkutan dengan sifat kedaerahaanya dan juga sering sekali mengkaji soal isu yang di dapatkan oleh anggota-anggota ordanya dalam sebuah universitas. Organisasi daerah ini adalah suatu wadah dalam menampung orang-orang dari daerah yang ingin melanjutkan pendidikannya di suatu universitas tertentu.

Ada sebagian universitas yang di dalamnya juga terdapat beberapa organisasi. Dengan tujuan yang mulia dari terbentuknya organisasi daerah ini juga bermaksut untuk menunjukan pada daerahnya bahwa di suatu lembaga perguruan tinggi yang bertaraf nasional terdapat organisasi daerahnya yang menjadi rumah untuk orang-orang yang menimba ilmu di universitas yang bersangkutan.

Dengan kata lain bahwa organisasi daerah menginginkan agar universitas yang bersangkutan memiliki nilai jual yang tinggi di daerahnya masing-masing sehingga menarik minat orang-orang dari daerah untuk melanjutkan studinya di universtas yang di maksut, artinya bahwa secara tidak langsung organisasi daerah mencintai universitasnya dan sekaligus berperan penting dalam menyebarluaskan informasi-informasi tentang suatu universitas.

Namun sejauh ini organisasi daerah masih tidak terlalu di pandang oleh pihak universitas sehingga pergerakan orda yang di angaap baik dalam mendeklarasikan tentang kelebihan universitas masih terbatas apalagi notabene universitas yang mahasiswanya berasal dari berbagai daerah, tetapi pada kenyataanya bahwa kultrul kebudayaan dari setiap organisasi daerah yang berniat baik masih belum di lirik dengan baik oleh pihak universitas

Apa saja kerja organisasi daerah di universitas ?

Bagaimana dengan perkembangan organisasi daerah di universitas?.

Kerja organisasi daerah di suatu universitas adalah tentang bagaimana menunjukan apa saja keunggulan kepada siapapun sehingga bisa menarik rasa minat setiap orang untuk melanjutkan pendidikannya di universitas yang bersangkutan.

Sebenarnya banyak sekali kerja orda seperti merajut kebersamaan dengan daerah lain untuk mewujudkan persatuan dan rasa kecintaan serta rasa kemanusiaan setiap orang lewat suatu acara seperti dialog lintas budaya, diskusi rutin sifat kedaerahan. Sejauh ini memang organisasi daerah sering berkolaborasi dalam melaksanakan suatu kegiatan untuk menumbuhkan kekeluargaan sehingga ketika suatu persoalan yang timbul bisa di selesaikan dengan kepala dingin.

Ulasan berikutnya adalah tentang sumbangsih organisasi daerah terhadap sebuah universitas. Seperti ada di universitas lain yang pihak birokrasinya bekerjasama dengan organisasi daerah dalam rangka untuk mendatangkan mahasiswa.

Universitas memberikan kesempatan kepada organisasi daerah untuk mempromosikan kampus ke daerahnya masing-masing dengan beberapa imbalan yang cukup sepadan dengan hasil kerja organisasi. Dengan cara seperti ini maka kesejahteraan suatu universitas dalam hal ini banyak mahasiswa akan tercapai, namun sejauh ini ada beberapa universitas yang tidak terlalu mengambil resiko soal seperti ini, bisa di asumsikan bahwa kemungkinan ada cara lain yang di gunakan guna mendatangkan mahasiswa. Tak lupa pula bahwasanya anggota-anggota seperti yang berada di organisasi kampus itu rata-rata memiliki orda masing-masing, jika orda tidak di perhitungkan di suatu universitas maka kemungkinan besar mahasiswa yang telah bergabung dalam intra kampus ini akan merasa tidak di hargai dan bisa saja mereka tidak akan mengurus organisasi intra kampus lagi dan pada akhirnya organisasi kampus akan vakum.

Perkembanganm organisasi daerah di lingkup universitas saat ini masing belum di lirik sepenuhnya oleh pihak universitas, salah satu contohnya seperti pada saat satu orda menyelenggarakan suatu kegiatan di kampus malahan harus di suruh seperti ini seperti itu dalam artian bahwa di persulit gerakanya atau tidak di perhatikannya, padahal kegiatan ini juga guna untuk membeserankan nama universitas sehingga bisa menjadi acuan untuk perguruan tinggi lainya. Jadi perlunya suatu gebrakan dari universitas untuk merangkul organisasi daerah dalam rangka untuk menumbuhkan masa depan perguruan yang lebih baik lagi.

Kedudukan organisasi daerah di suatu universitas juga kiranya menjadi hal fundamental yang harus di lirik oleh pihak kampus, ada banyak organisasi daerah yang tidak memiliki rumah sehingga seperti bola liar yang di tendang kesana kesini. Sebenarnya tujuan dan keinginan sederhana dari suatu organisasi daerah adalah untuk menciptakan hal-hal baik untuk mempererat rasa kekeluargaan dalam suatu universitas sehingga tindakan-tindakan yang tidak kita inginkan tidak terjadi.

Pada dasarnya bahwa perlu keabsahan dari suatu universitas untuk organisasi daerah agar mereka merasa kalau mereka masih memiliki rumah untuk tempat mereka berteduh ketika hujan.

Kesimpulan yang bisa di ambil adalah bahwa organisasi daerah sangatlah berperan penting dalam suatu universitas jadi dalam perkembangan organisasi daerah ini harus ada lirikan dari pihak universirtas guna untuk mencapai kesejahteraan bersama, kiranya universitas haruslah merangkul dan bekerjasama dengan organisasi daerah demi untuk memajukan mutu perguruan tinggi.

Penulis: Emanuel Asdiakon Baiwolo.

Kampus : Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Fakultas: Ilmu Pendidikan.

Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

(**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.