DPRD Kabupaten Blitar Gelar Rapat Paripurna, Bahas 5 Agenda Penting

SERGAP.CO.ID

BLITAR, || Ada lima topik penting yang dibahas DPRD Kabupaten Blitar. Hal itu dibahas dalam rapat paripurna DPR yang digelar di Graha Paripurna DPRD, Jumat (14/6/2024).
Rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito itu membahas topik-topik penting, antara lain pemaparan laporan badan anggaran hasil pembahasan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD pada tahun anggaran 2023.

Kedua, menyampaikan pendapat akhir kelompok mengenai pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023. Ketiga, menyetujui hasil pembahasan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023. Keempat, Pemaparan tanggapan Bupati terhadap pandangan umum badan politik terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Bupati Blitar periode 2025-2045. Kelima, pembacaan Keputusan DPRD tentang susunan anggota Pansus RPJPD.

Suwito menjelaskan ada dua hal yang menjadi dasar sidang paripurna ini.
Pertama, pada tanggal 22 Mei 2024, Bupati menyampaikan Surat Pernyataan Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2023, kemudian pada tanggal 28 Mei 2024, kelompok tersebut menyampaikan pandangan umum.

Menurutnya, pada 29 Mei, Bupati telah memberikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi, selanjutnya Badan Anggaran telah melakukan tugasnya yaitu membahas dan mencermati materi Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023.

“Dasar yang kedua merupakan tahap lanjutan dari rapat paripurna sebelumnya, dimana Bupati telah menyampaikan penjelasan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Blitar Tahun 2025-2045, kemudian dilanjutkan pandangan umum fraksi,” terang Suwito.

Sementara itu, Bupati Rini Syarifah menyampaikan, rapat paripurna merupakan refleksi dan implementasi demokrasi dalam menentukan arah pembangunan di Kabupaten Blitar. Tentu hal ini melalui pemikiran dan pendapat, baik dari eksekutif maupun legislatif sebagai navigator pembangunan.

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Blitar mengucapkan terima kasih atas kerjasama sekaligus kerja keras legislatif dan eksekutif, mulai dari proses penganggaran, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2023,” urai Bupati.

Pihaknya berharap kepada anggota dewan, agar kerjasama yang telah kita bina dengan baik selama ini dapat diteruskan dan ditingkatkan, mengingat agenda penting berikutnya telah menanti yaitu: Perubahan APBD Tahun Anggaran 2024 dan persiapan penyusunan APBD Tahun Anggaran 2025 sesuai dengan mekanisme dan regulasi pengelolaan keuangan daerah.

Bupati Blitar juga menerima saran, masukan dan kontribusi serta pemikiran sangat diharapkan guna penyempurnaan peraturan daerah yang sedang dibahas pemerintah dan DPRD.

Dalam rapat paripurna ini hadir Wakil Ketua DPR, Muhammad Rifa’i, Susi Narulita, Mujib, Bupati Blitar Rini Syarifah, Forkopimda, Sekda Kabupaten Blitar dan sejumlah kepala OPD.

(adv/dar)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.