Puluhan Wartawan di Kabupaten Tasikmalaya, Mendeklarasikan Terbentuknya Forum Junalis

Puluhan Wartawan di Kabupaten Tasikmalaya, Mendeklarasikan Terbentuknya Forum Junalis

SERGAP.CO.ID

KAB. TASIKMALAYA, || Puluhan jurnalis di Kabupaten Tasikmalaya mendeklarasikan terbentuknya Forum Penulis (Fornalist) bertempat di Hotel Dewy Asri Jl. Raya Tim. No.196, Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Kamis (27/06/2024).

Forum ini diketuai Nanang Suhendar yang merupakan Pimpinan Redaksi (Pemred) Tintamerahnews.com jurnalis senior di Kabupaten Tasikmalaya serta Daddy N Saputra yang ditunjuk sebagai sekretaris dan Bedahara Dede Pepen

Nanang Suhendar dalam deklarasi itu menyampaikan, tujuan dibentuknya forum Penulis itu yakni untuk memperkuat solidaritas dan persatuan para jurnalis di Kabupaten Tasikmalaya, meningkatkan kualitas jurnalisme, mendorong jurnalisme yang independen, objektif dan berimbang, mendorong jurnalisme yang kritis dan konstruktif, mendorong jurnalisme yang edukatif dan berkarya untuk mencerdaskan bangsa serta memperkuat peran jurnalis dalam membangun demokrasi yang sehat dan berkualitas di Kabupaten Tasikmalaya.

“Kami para wartawan yang tergabung dalam organisasi ini, menyadari pentingnya peran dan tanggung jawab kami dalam masyarakat. Dengan semangat kebersamaan dan komitmen untuk meningkatkan profesionalisme, integritas, dan kualitas jurnalistik, kami mendeklarasikan berdirinya Organisasi Profesi Wartawan Fornalist Tasikmalaya ini. “ Pungkasnya Nanang Suhendar.

Berikut poin – poin Deklarasi Fornalist Kabupaten Tasikmalaya yang menyatakan ikrar janji sebagai berikut:

1. Menjunjung Tinggi Kode Etik Jurnalistik.

Kami berkomitmen untuk selalu mematuhi dan mengamalkan kode etik jurnalistik dalam setiap karya dan aktivitas jurnalistik kami.

2. Mengutamakan Kepentingan Publik

Kami akan selalu mendahulukan kepentingan publik dalam setiap pemberitaan, dengan menyajikan informasi yang akurat, berimbang, dan bebas dari kepentingan pribadi atau golongan.

3. Melindungi Hak Asasi Manusia

Kami berjanji untuk menghormati dan melindungi hak asasi manusia, dengan tidak melakukan pemberitaan yang bersifat diskriminatif atau merugikan pihak tertentu tanpa dasar yang jelas.

4. Meningkatkan Profesionalisme dan Kompetensi

Kami berkomitmen untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi kami melalui berbagai pelatihan, workshop, dan kegiatan edukatif lainnya, guna menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas dan dapat dipercaya.

5. Bersikap Independen dan Objektif

Kami akan selalu menjaga independensi dan objektivitas dalam setiap pemberitaan, tanpa terpengaruh oleh tekanan pihak manapun, baik internal maupun eksternal.

6. Bersinergi dan Berkolaborasi

Kami akan membangun kerjasama yang baik dengan sesama wartawan, organisasi pers, serta pihak-pihak terkait lainnya, untuk memperkuat peran dan fungsi jurnalistik dalam masyarakat.

7. Melindungi dan Memperjuangkan Hak Wartawan

Kami berkomitmen untuk melindungi dan memperjuangkan hak-hak wartawan dalam menjalankan profesinya, serta memastikan adanya perlindungan hukum yang memadai bagi setiap wartawan

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut, Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya, Staff ahli Bupati Kabupaten Tasikmalaya, Humas Polres Tasikmalaya, Polsek Singaparna, Koramil Singaparna Tasikmalaya, Mahasiswa, Ormas dan tamu undangan lainnya.

Sementara dalam kesempatan tersebut, Aep selaku perwakilan dari Kesbangpol Kabupaten Tsikmalaya mengatakan dengan adanya dan terbentuknya Forum Jurnalis Tasikmalaya, kami sangat mengapresiasi mengenai kerjasama antar lembaga pemerintahan dan organisasi, mudah – mudahan dengan adanya forum ini bisa bersinergi dengan berbagai instansi dalam hal positif. “Katanya.

Ditempat yang sama Briptu Nurul Ihsan perwakilan dari Humas Polres Tasikmalaya mengatakan sangat mengapresiasi dengan terbentuknya Forum Jurnalis Tasikmalaya, Alhamdulillah di era digital sekarang ini media itu sangat penting untuk menjaga kesetabilan dan keamanan khususnya di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Polres Tasikmalaya siap membantu Forum Jurnalis Tasikmalaya untuk bekerja sama dan membagi informasi yang dibutuhkan oleh para jurnalis. “Ujarnya.

Dengan adanya Deklarasi Forum Jurnalis ini semoga menjadi wadah yang bermanfaat untuk warga masyarakat Kabupaten Tasikmalaya khususnya dalam menggali informasi pemberitaan berimbang, aktual dan akurat, Marilah kita bersama-sama untuk memajukan dan membangun Kabupaten Tasikmalaya yang kita cintai ini. “Pungkasnya.

(Rizal)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.