Pimpin Upacara Bendera 17-an, Kasdim 1601/Sumba Timur Bacakan Amanat Pangdam IX/Udayana

SERGAP.CO.ID

SUMBA TIMUR, || Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1601/Sumba Timur, Mayor Inf Sambudi, memimpin Upacara Bendera 17-An bertempat di Lapangan Upacara Kodim 1601/Sumba Timur Jln. Ir Sukarno No 11, Kelurahan Hambala, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur yang di ikuti seluruh perwira staf dan Danramil jajaran Kodim 1601/Sumba Timur, Bintara, Tamtama dan PNS Kodim 1601/Sumba Timur. Rabu (19/06/2024).

Dalam kesempatan tersebut inspektur upacara, Kasdim 1601/Sumba Timur, Mayor Inf Sambudi, membacakan amanat Panglima Kodam (Pangdam) IX/UDY, Mayor Jenderal TNI Bambang Trisnohaji, yang intinya. Mengucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit dan PNS Jajaran Kodam IX/Udayana, yang telah melaksanakan tugas dengan baik selama ini, terutama dalam mendukung kegiatan Apel Dansat Terpusat TNI AD, Worid Water Forum ke-10 dan Southeast

Asia Judo Championship 2024, dan HUT Kodam IX/Udayana ke-67 beberapa pekan lalu. Jadikan evaluasi terhadap permasalahan di lapangan, dan upayakan perbaikan, agar kegiatan kedepan menjadi lebih baik.
Peserta Upacara yang saya hormati,
Bulan Juni merupakan akhir Triwulan II Program Kerja dan Anggaran TA 2024.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya ingatkan kepada para pejabat pembuat Komitmen/Kasatker, untuk menjalankan Program Kerja sesuai anggaran yang disiapkan. Periksa kembali kalender kegiatan satuan, jangan ada program yang terlewat, maupun anggaran yang belum terserap sampai dengan TW II. Upayakan semuanya diselesaikan tepat waktu dan akuntabel.

Beberapa waktu lalu kita baru saja menutup secara resmi kegiatan TMMD ke120, yang dilaksanakan secara serentak di empat lokasi wilayah Kodam 1X/Udayana. Kita patut bersyukur atas pencapaian sasaran yang berhasil diselesaikan dengan baik tanpa ada permasalahan yang signifikan. Semoga dengan itikad serta tekad yang dilandasi semangat pengabdian tulus dan Ikhlas, hasil pelaksanaan TMMD dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam upaya mengatasi kesulitan rakyat di wilayah Provinsi Bali-Nusra.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya perintahkan kepada para Dansatkowil, agar tetap mengembangkan inovasi atau terobosan baru, khususnya terkait program unggulan TNI Angkatan Darat, yaitu ketahanan pangan, manunggal air, penanganan Stunting, dan pemeliharaan kelestarian alam.

Maksimalkan pendampingan Apkowil pada Perluasan Areal Tanam (PAT), selalu berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi/ Kabupaten/Kota dan instansi terkait lainnya, guna tercapainya target tanam yang optimal. Hal lain yang perlu mendapat perhatian adalah, maraknya penggunaan internet dan media sosial dilingkungan prajurit. Di era modern saat ini, saluran informasi sangat mudah diakses oleh siapapun, tanpa ada pembatasan. Oleh karena itu, saya perintahkan untuk cerdas dalam berMedsos. Manfaatkan kemajuan teknologi untuk menambah pengetahuan dan menunjang kedinasan. Hindari hal-hal negatif seperti penyebaran informasi menyesatkan, judi online maupun pinjaman
online serta aktifitas lainnya yang berdampak negatif.

Untuk para Dansat, laksanakan pengawasan fasilitas satuan, agar tidak digunakan untuk kepentingan yang menyimpang, apalagi terlibat dalam kegiatan politik. Tetap jaga komitmen Netralitas TNI, baik selama proses pelantikan Presiden, maupun Pilkada serentak.

Pelihara kesiapsiagaan satuan dengan prinsip S3B, “Setiap Saat Siap Bergerak”, guna mencegah terjadinya potensi konflik di wilayah. Laksanakan koordinasi dengan Polri, Pemda, dan petugas-petugas terkait, serta segenap komponen masyarakat, agar penyelenggaraan proses demokrasi berjalan aman, lancar dan tertib.

Diakhir amanatnya, Panglima Kodam (Pangdam) IX/UDY, Mayor Jenderal TNI Bambang Trisnohaji ,Tugas TNI utamanya Kodam IX/Udayana menyampaikan ke depan bukan semakin ringan. Hal tersebut, seiring dengan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis dan kompleks, serta membawa pengaruh dalam berbagai sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu, saya sampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani pada setiap pelaksanaan tugas:

Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME, serta Pegang teguh Sumpah Prajurit, Sapta Marga, dan 8 Wajib TNI:

Kedua, tingkatkan kepedulian Pimpinan dalam bidang pengawasan kinerja, dan pengelolaan anggaran sesuai ketentuan yang berlaku terutama bagi satuan yang menerima hibah uang dalam rangka Pengamanan Pilkada 2024:

Ketiga, Prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana dilarang terlibat dalam Werving penerimaan calon Prajurit TNI, Backing Illegal, Perjudian, Narkoba dan Pungli:

Keempat, bagi personel yang eligible untuk mengikuti seleksi dan pendidikan, baik di dalam negeri atau luar negeri, agar mempersiapkan diri sesuai aturan yang dipersyaratkan: dan

Kelima, para Dansatkowil, agar membantu mempersiapkan perencanaan dalam rangka pembangunan unit pelayanan makan bergizi, serta menindaklanjuti saran dan masukan oleh Tim BGN (Badan Gizi Nasional) Kemhan, pasca peninjauan lokasi di wilayah masing-masing:

Terakhir, jaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur diimbangi asupan makanan bergizi. Hindari penanganan yang terlambat, sehingga berakibat fatal bagi diri kita.

Prajurit beserta PNS Kodam IX/Udayana yang saya banggakan,
Demikian amanat saya, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita semua, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara.

(Ss**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.