DKPP Kota Blitar Perketat Pemeriksaan, Pastikan Kota Blitar Konsumsi Hewan Kurban Aman, Sehat, Utuh Dan Halal (ASUH)

DKPP Kota Blitar Perketat Pemeriksaan, Pastikan Kota Blitar Konsumsi Hewan Kurban Aman, Sehat, Utuh Dan Halal (ASUH)

SERGAP. CO. ID

BLITAR, || Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Blitar terus memperketat emeriksaan hewan kurban hingga 284 titik di Kota Blitar hingga hari Kamis (13/06/2024) lalu.

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan hewan kurban benar-benar layak untuk konsumsi, baik sebelum atau sesudah disembelih.

Kepala DKPP Kota Blitar, Dewi Masitoh menegaskan bahwa tahun ini pihaknya menerjunkan kurang lebih 60-an petugas pemeriksa hewan, petugas bertanggung jawab untuk meminimalkan peluang hewan kurban tidak layak dikonsumsi, terdistribusi ke masyarakat.

“Kita lakukan pemantauan di 283 titik penyembelihan hewan kurban dalam Hari Raya Iduladha tahun ini. Dari hasilnya kebanyakan hewan terdampak penyakit hati” kata Dewi.

Berdasarkan data di lapangan, petugas berhasil melakukan pemeriksaan pada 431 ekor sapi, 1.242 ekor kambing, dan 11 ekor domba yang disembelih masyarakat. Dari jumlah tersebut, petugas menemukan 131 ekor sapi dan 88 ekor kambing yang terjangkit penyakit cacing hati. Selain itu, terdapat 2 (dua) ekor sapi dan 21 ekor kambing yang memiliki penyakit pneumonia atau radang paru -paru.

Petugas langsung melakukan penyortiran jeroan hewan kurban yang terjangkit sejumlah penyakit agar tidak dikonsumsi. Sedangkan untuk daging hewan kurbannya, DKPP telah memastikan aman dan layak untuk dikonsumsi.

Hewan kurban yang terjangkit penyakit hati memiliki ciri – ciri seperti hati sapi berwarna pucat, urat hati berwarna putih, dan terlihat lubang kecil pada hati. Jika dikonsumsi, bagian yang terjangkit penyakit tersebut akan berdampak pada kesehatan manusia, karena bisa menyebabkan perut mulas hingga muntah.

Kepala DKPP Kota Blitar berharap masyarakat dapat turut mengenali ciri-ciri tersebut dan melakukan pemantauan di lingkungannya masing-masing, agar masyarakat benar-benar mengkonsumsi karkas, daging, dan jeroan yang ASUH ( Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

Sementara itu, DKPP Kota Blitar juga telah melakukan upaya Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat terkait kewaspadaan penyakit hewan ternak jelang Hari Raya Iduladha untuk membantu mengenali ciri-ciri kurban yang layak dikonsumsi.

DKPP Kota Blitar juga melakukan pemeriksaan dan pemantauan kesehatan hewan kurban setiap pasaran tiba sebagai upaya mengantisipasi adanya sebaran virus menular pada hewan.

(ADV/KMF/DAR)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.