Pemkab Cirebon dan BBWS Cimanuk Cisanggarung Segera Lakukan Penanganan Masalah Banjir Rob

SERGAP.CO.ID

KABUPATEN CIREBON || Pemerintah Kabupaten Cirebon bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung akan segera melakukan penanganan masalah banjir rob yang ada di sepanjang pesisir pantai, salah satunya di Desa Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon.

Bacaan Lainnya

Pj. Bupati Cirebon, Drs. H. Wahyu Mijaya, S.H., M.Si mengatakan, dari hasil peninjauan, pihaknya bersama dinas terkait dan BBWS Cimanuk Cisanggarung, bahwa penanganan banjir rob di Desa Ambulu akan dilakukan normalisasi sungai dan pembuatan tanggul.

“Kondisi sungai di hampir sepanjang jalur ini terjadi sedimentasi, sehingga ketika terjadi rob atau pasang air laut dan masuk ke sungai, akhirnya limpas ke pemukiman masyarakat. Maka, solusi yang akan dilakukan adalah normalisasi sungai sepanjang yang ada di pemukiman masyarakat ini,” ujar Wahyu, Rabu (5/6/2024).

Kemudian, kondisi tanggul sungai juga mempengaruhinya, yang membuat air rob mudah limpas ke permukiman masyarakat.

Maka, kata dia, solusi yang akan dilakukan adalah dengan melakukan pembangunan tanggul kembali pada beberapa daerah aliran sungai (DAS) yang kondisi tanggulnya rusak.

“Penanganan persoalan banjir ini bukan hanya di wilayah pantai Desa Ambulu saja, akan tetapi juga di beberapa pantai yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon,” jelasnya.

“Rencananya, siang ini Pemkab Cirebon akan menggelar rapat koordinasi bersama BBWS Cimancis Cisanggarung, untuk membahas permasalahan banjir rob yang ada di wilayah pesisir Pantura Kabupaten Cirebon,” sambungnya.

“Mungkin saja, bukan hanya persoalan banjir rob, tapi persoalan-persoalan lainnya yang terkait dengan BBWS Cimancis,” pungkasnya.

(Agus Subekti)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.