Kapal Alami Kerusakan Mesin, Tim SAR Gabungan Evakuasi Wisatawan di Perairan Taka Makassar

SERGAP.CO ID

LABUAN BAJO, || Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seluruh penumpang kapal wisata KM. Vanica Voyage sebanyak delapan orang.

Kapal tersebut mengalami insiden kerusakan mesin (patah shaft mesin) saat tengah berlayar dari Pulau Padar menuju Pulau Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat pada Sabtu (25/05/2024) malam sekira pukul 19.00 Wita.

Lokasinya di sebelah barat Pulau Flores pada titik koordinat 8°32’50.8″S – 119°35’26.0″E atau 29 Nautical Mile (Mil Laut) arah Barat dari Pelabuhan Marina Labuan Bajo tepatnya di perairan Taka Makassar, Labuan Bajo.

“Jadi kapal ini dalam pelayarannya mengalami patah shaft mesin atau sering disebut as mesin di laut sehingga kapal terombang ambing selama 2 Jam sebelum dievakuasi oleh tim SAR gabungan,” ujar Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kasat Polairud, AKP I Wayan Merta, Minggu (26/05/2024) siang.

AKP I Wayan Merta mengungkapkan evakuasi berhasil dilaksanakan berkat kerjasama anggota TNI-Polri, hingga unsur Basarnas dan Kemenhub serta masyarakat.

“Evakuasi dilakukan dengan aman dan seluruh penumpang yang berjumlah 8 orang berhasil diselamatkan. Mereka dibawa menggunakan kapal RIB milik Basarnas dari perairan Taka Makassar ke Dermaga Marina Labuan Bajo dan kembali ke penginapan masing-masing,” jelasnya.

Seluruh penumpang dalam keadaan sehat, hanya sedikit lemas akibat terombang ambing. Sedangkan ABK dan kapten kapal memilih untuk tetap di kapal guna melakukan perbaikan mesin kapal.

“Kondisi seluruh penumpang yang merupakan wisatawan lokal dalam keadaan sehat,” ungkap Perwira dengan balok tiga dipundaknya itu.

Terkait kejadian ini, Kasat Polairud berpesan kepada seluruh pemilik kapal wisata maupun agen perjalanan wisata untuk selalu memperhatikan keselamatan saat melakukan perjalanan wisata bahari.

“Harus selalu waspada dan juga terus mengedepankan aspek-aspek keselamatan dalam pelayaran,” pungkasnya.

(MSS**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.