Kepala Pekon (Desa) Rajabasa Bangun 63 Meter Jalan Usaha Tani

Kepala Pekon (Desa) Rajabasa Bangun 63 Meter Jalan Usaha Tani

SERGAP.CO.ID

TANGGAMUS, || Pemerintah Pekon/desa Rajabasa melaksanakan Pembangunan Jalan Usaha Tani salah satu Program Prioritas Pekon Rajabasa, kecamatan Bandar Negeri Semuong, kabupaten Tanggamus

Pembanginan jalan Rabat Beton, yang menuju ke areal pesawahan, jalan usaha tani merupakan program prioritas Pemerintah Pekon Rajabasa, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Kabupaten Tanggamus. Masuk dalam tahun anggaran  2024.

Kepala Pekon Raja Basa, Toha Topiyansyah A.Md. menjelaskan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja desa (APBdes) tahun 2024.

Kepala Pekon (Desa) Rajabasa Bangun 63 Meter Jalan Usaha Tani

Dalam hal itu pihaknya telah membangun jalan rabat beton sepanjang 63 meter dengan lebar 2 meter dengan ketinggian 0.12 cm yang ada di Dusun satu, dimana pengerjaannya sudah selesai 100%, dan juga pembangunan saluran irigasi pesawahan,  Namaun hingga saat ini baru bisa dikerjakan hingga 60% saja  sesuai dengan persentase tahaf I (satu).

“Jalan usaha tani berperan penting meningkatkan produktivitas pertanian. Mempermudah transportasi hasil pertanian dan aksesibilitas kelahan pertanian. Serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat sekitar,” kata Toha, pada Rabu,(23)5/2024)

Toha Topiyansyah ,A.Md. menuturkan, pembuatan jalan usaha tani jenis rabat beton terdiri dari beberapa tahap. Mulai dari pembersihan lahan, pengerukan, penimbunan, dan pengerasan jalan.

“Jalan usaha tani sepanjang 63 meter itu merupakan jalan perintis. Alhamdulillah kendaraan bermotor roda empat sudah bisa melintasi jalan tersebut,” tuturnya Toha Topiyansyah ,A.Md.

Toha pun memaparkan, pihaknya akan terus melanjutkan pembangunan jalan usaha tani  berikutnya, sesuai dengan program pemerintah dalam rangka peningkatan ketahanan pangan nasional

Kepala Pekon (Desa) Rajabasa Bangun 63 Meter Jalan Usaha Tani

“Tentunya lokasi pembangunan masih harus terus di lakukan dengan melalui tahapan 2 penimbunan badan jalan, karena ini areal tanah sawah yang cukup labil, ini merupakan bentuk pemerataan pembangunan. Serta masih banyak PR yang mesti kami kerjakan kedepannya, Mengingat masih banyak usulan masyarakat yang belum bisa kami realisasikan karena keterbatasan anggaran yang ada,” ungkapnya.

Kemudian Toha berharap dengan adanya pemerataan pembangunan tentunya akan mempermudah akses jalan

“Kami berharap pembangunan jalan usaha tani lebih optimal dan dapat mensejahterakan para petani. Sehingga kedepannya dapat meningkatkan perkembangan perekonomian masyarakat  pekon Rajabasa,” tandasnya Toha Topiyansyah ,A.Md.

(Sahidi)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.