Pilkada Muara Enim, Isu Putra Daerah Menuju Enim Satu

Pilkada Muara Enim, Isu Putra Daerah Menuju Enim Satu

SERGAP.CO.ID

MUARA ENIM, || Sejumlah tokoh disebut-sebut bakal potensial maju Pilkada Kabupaten Muara Enim pada Rabu 27 November 2024 mendatang, seperti di dalam pemberitaan media online Sripoku.com Rabu,20/03/2024 yang lalu.

Bacaan Lainnya

Yang mana dalam pemberitaan tersebut mereka diantaranya yang berpotensi maju adalah Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali, mantan Wabup sua periode H. Nurul Aman, Hj. Shinta Paramita, mantan istri Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, H. Nasrun Umar mantan Pj Bupati Muara Enim,dan dari Birokrat ada Edison Kepala BPN Sumsel, Kepala Dinas PP&KB Muara Enim H. Rinaldo, Hj Sumarni Istri mantan Bupati Muara Enim Ahmad Yani, mantan Wabup OKU Timur Feri Antoni dan sejumlah nama politisi DPRD Provinsi seperti Ersangkut (Golkar) dan Syamsul Bahri (Nasdem)

Pada pemberitaan tersebut dikatakan Banyaknya tokoh yang disebut-sebut bakal maju Pilbup Muara Enim menandakan tidak ada tokoh yang dominan. Artinya semua tokoh mempunyai peluang sama untuk menangkan kontestasi,ujar Pengamat Politik Sumsel Fatkurohman kepada Sripoku.com.

Dia mengatakan apa yang terjadi di Muara Enim belakangan ini terkait kepemimpinan, masyarakat harus bisa selektif dalam memilih calon Bupati.

“Masyarakat juga perlu disadarkan bahwa praktik money politik di pilkada harus dikurangi dimulai dari pemilih itu sendiri dengan memilih pemimpin yang punya kapasitas dan mengerti tentang daerahnya,” ujar Bung FK sapaannya.

Jika dilihat dari dinamika sosial politik Pilkada Muara Enim 2024, isu putra daerah dan non putra daerah diprediksi akan kencang jadi isu politik.

“Hal karena sejumlah tokoh yang disebut-sebut bakal maju tidak serta merta merupakan Putra daerah. Hal ini membuat potensi isu itu sangat terbuka,” ucap FK yang juga Peneliti Lembaga Riset Sosial Politik PUTIN ini.

Namun jika dilihat dari sejumlah nama, ada beberapa nama baru cukup populer di kalangan masyarakat lokal diluar Pj dan mantan Pj Bupati misalkan Rinaldo atau Aldo KALAM sapaannya Kadis PPKB Muara Enim, Edison Birokrat di Muara Enim.

“Saat ini tidak ada tokoh dominan, semua punya kesempatan yang sama untuk menang di kontestasi pilkada Muara Enim,” terang Koordinator Wilayah Sumsel Public Trust Institute ini.

Sementara H Rinaldo S.Stp Msi atau yang sering di panggil Aldo Kalam tersebut, saat di bincangi media ini Kamis,(21/03/2024) di kediamannya mempertanyakan terkait keinginannya untuk maju pada Pilkada November 2024 mendatang, beliau mengatakan,cita cita tentu ada, namun untuk saat ini dirinya masih fokus mejalani tugas selaku ASN di Pemkab Muara Enim sebagai pelayan masyarakat yang baik dan patuh dengan aturan, dan tentunya sembari menunggu hasil survei terkait untuk pencalonan dirinya pada Pilkada November mendatang yang di lakukan oleh tim independen dan terpercaya.

“Nanti jika memang hasil Survei layak diperhitungkan dan Partai Politik siap mendukung juga tidak kalah penting didukung finansial yang ada tidak ada salahnya untuk saya menjalankan amanah tersebut, apa lagi Kita semua sebagai Warga Negara Indonesia yang baik semua di berlakukan sama yaitu mempunyai hak memilih dan di pilih, namun tentunya tetap pada koridor dan aturan yang berlaku di Negara Kita.”tandas Aldo yang sebelumnya pernah menjabat sebagai ajudan Bupati Almarhum Kamaluddin Djinab sepuluh tahun.

(Denny/Hermansyah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.