Gerak Cepat Bupati Cirebon Drs. H. Imron M. Ag Tangani Banjir di Wilayah Timur

SERGAP.CO.ID

KABUPATEN CIREBON || Sebanyak 36 Desa dari 9 Kecamatan di Kabupaten Cirebon dan sekitar 20 ribu rumah warga terkena dampak banjir. Penyebab kejadiannya diduga tanggul sungai Cisanggarung jebol dan sangat rendah.

Bacaan Lainnya

Bupati Cirebon didampingi oleh jajaran pejabat terkait, termasuk Kepala Dinas Sosial dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Imron turun langsung memberikan bantuan kepada warga terdampak.

Menurut Bupati Imron, Bantuan yang diserahkan berupa toren air, obat-obatan, dan kebutuhan pokok lainnya, sebagai respons terhadap dampak banjir yang disebabkan meluapnya Sungai Cisanggarung. ujar Imron pada Rabu, 6 Maret 2024.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon melalui Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, ada tambahan bantuan logistik dari DIT. PSKBA dari gudang Induk Bekasi untuk masyarakat terdampak banjir ini, berupa :
Makanan Siap Saji : 1150 paket
Lauk Pauk Siap Saji : 1200 paket
Makanan Anak : 1000 paket
Kasur : 400 lembar
Tenda Serbaguna : 5 unit
Tenda Gulung : 300 lembar
Family Kit : 500 paket
Kids Ware : 400 paket
Selimut : 1000 lembar
Sandang Dewasa : 500 paket
Sandang Anak : 500 paket.

Untuk 9 Kecamatan di Kabupaten Cirebon Lokasi Terdampak Luapan Sungai Cimanuk-Cisanggarung : Kecamatan Waled, Pasaleman, Ciledug, Babakan, Pabedilan, Gebang, Losari, Pangenan dan Karangwareng.

“Dengan 20 ribu rumah terendam dan 83 ribu jiwa terdampak, kami fokus pada bantuan jangka pendek untuk kebutuhan kesehatan dan sehari-hari,” jelas Imron Imron saat tinjau langsung di lokasi kejadian, Selasa (06/02/2024).

Pemkab Cirebon sendiri telah mendirikan dapur umum dan posko kesehatan di beberapa titik lokasi terdampak sebagai langkah konkret.

Untuk jangka panjang, Imron berencana akan terus mendorong Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung untuk melakukan normalisasi sungai dan pembuatan senderan.

Agus Subekti

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.