Imron : Pemda Akan Selalu Hadir untuk Mendukung dan Membantu Kebutuhan yang Diperlukan

SERGAP.CO.ID

KABUPATEN CIREBON || Dalam meningkatkan pertanian di Kabupaten Cirebon PCNU Kabupaten Cirebon melalui LPPNU melaksanakan kegiatan Program belajar bersama di lahan lembaga pengembangan pertanian di Desa Kedungbunder, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon.

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Cirebon H. Imron Rosyadi, Kepala Dinas ketahanan Pangan Erus Rusmana, Kepala Dinas Pertanian, perwakilan Bulog dan tamu undangan lainnya.

H. Syahrudin Ketua LPPNU kabupaten Cirebon menjelaskan, produksi pertanian di kabupaten Cirebon sendiri alhamdulillah sudah bagus akan tetapi andaikan ada upaya peningkatan kembali dari pemerintah daerah otomatis itu akan bermanfaat untuk daerah-daerah lainnya. Senin (26/02/2024).

“Untuk tahun 2023 sendiri LPPNU sudah melakukan penyerapan yang intens melalui bulog karena memang sudah menjadi Mitra kami dan juga berkolaborasi dengan beberapa pihak sehingga dalam produksi tidak mengalami hambatan untuk pasca panen,” ujarnya.

Akan tetapi tetap ketika pasca panen ini kebanyakan bantuan dari pemerintah ini tersentra di produksi nya bukan di pasca produksi nya seperti driyer ini masih sangat kurang artinya kedepan setelah produksi-produksi panen di kabupaten Cirebon sudah meningkat tentunya butuh beberapa peningkatan kualitas hasil panen tersebut.

Disamping masalah driyer yang menjadi permasalahan utama adalah pupuk yang masih menjadi kesulitan petani, jadi harapan petani setidaknya untuk pupuk bisa mencukupi karena saat ini kesulitan dalam mendapatkan pupuk ini perlu kebijakan dari para stekholder yang ada.

“Untuk pupuk yang bisa di tebus saat ini per hektare nya membutuhkan pupuk urea nya 150 kilo phonska nya 350 kilo idealnya segitu untuk kebutuhan bisa meningkatkan produksi 10 ton per hektare nya,” ucapnya.

Saat ini pertanian yang di kelola LPPNU ada sekitar 300 hektare yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Kapetakan, Panguragan, Arjawinangun dan kecamatan Gempol.

Ini sudah masuk masa produksi semua bahkan sudah ada yang siap untuk panen dalam waktu dekat.

“Mudah-mudahan dengan melalui dengan pengawasan yang intensif dan pendampingan bisa mencapai apa yang di targetkan,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Cirebon H. Imron Rosyadi mengatakan. Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi atas program yang di lakukan LPPNU yang telah memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada petani untuk bisa meningkatkan hasil pertanian di kabupaten Cirebon ini.

Bahkan binaan dari lembaga pengembangan petani PCNU kabupaten Cirebon sudah mempunyai 300 hektare salah satunya di Desa Kedungbunder yang mana dulunya tandus sekarang bisa menjadi lahan yang produktif dan pertanian yang di kelola hasil nya lebih tinggi dari petani lainnya.

“Saya harap kepada LPPNU ini agar terus memberikan edukasi dan pembelajaran kepada para petani agar hasilnya lebih baik lagi,” ujarnya.

“Pemerintah Daerah akan selalu hadir untuk mendukung dan membantu kebutuhan-kebutuhan yang di perlukan,” pungkasnya.

Agus Subekti

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.