Payung Suci Berikan Bantuan Sembako kepada Warga Desa Panembahan yang Masuk Kategori Miskin Ektrim

SERGAP.CO.ID

KABUPATEN CIREBON || Paguyuban Urang Sumedang di Cirebon (Payung Suci) bantu 4 rumah di Desa Panembahan Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon memberikan bantuan beberapa karung beras dan bahan pangan pokok lainnya diserahkan secara langsung, Sabtu (10/02/2024).

Bacaan Lainnya

Dari Keempat rumah tersebut, ada 2 rumah membuat haru para anggota komunitas yang hadir. Pasalnya, terdapat satu rumah yang dihuni 3 Kepala Keluarga diatas tanah bangunan berukuran 6×6 meter. Bahkan, rumah tersebut tidak memiliki ventilasi udara yang membuat keadaan rumah lembab dan gelap. Selain pembatas ruangan hanya dibatas kain sarung, rumah dengan 3 kamar tanpa plafon tersebut tidak disertai tempat mandi cuci kakus (MCK).

Sama halnya demikian dengan satu rumah lagi yang dikunjungi. Meskipun agak mending dibanding rumah sebelumnya, satu bangunan rumah di sempadan sungai membuat suasana semakin prihatin. Lantaran, rumah berukuran 4×5 ini dihuni lansia renta yang sudah 7 tahun menderita penyakit struk dan hanya ditemani anak kedua darinya.

Kondisi kemiskinan 2 rumah tersebut diperparah dengan tidak adanya penghasilan dari para penghuni rumah. Hanya berprofesi serabutan, mereka lebih sering dibantu tetangga untuk makan sehari-hari.

Ketua Payung Suci, M. Danny Djaelani menjelaskan, hal itu menjadi prioritas komunitasnya untuk kepedulian sosial kemasyarakatan serta menegaskan tidak ada kepentingan lain. Namun demikian, ia tidak menampik dengan adanya kerjasama dan kolaborasi bersama lintas komunitas maupun instansi.

“4 keluarga yang menjadi sasaran santunan itu yg memang berawal dari informasi sodara kami yg juga awak media. Kami bukan latah, tapi ini keinginan kami bagaimana kita bisa bermanfaat untuk masyarakat. Alhamdulillah dalam waktu singkat, kami bisa berdonasi (uang, beras, sembako lain) tanpa mengurangi rasa hormat kami,” ungkapnya.

“Kami mencoba bagaimana menjadi orang yg bisa diterima di Cirebon. Sisi lain juga Kami berkolaborasi dengan semua elemen, baik pemerintah atw penggiat swasta dan lainnya. Apa yang bisa lakukan, baik pemikiran, sumbangsih maupun tenaga dari payung suci,” ungkapnya saat ditemui.

Dikatakannya, pihaknya mengungkapkan, pihaknya akan terus mencoba menggelorakan gerakan kepedulian terhadap masyarakat dengan harapan dapat memberi arti di sekelilingnya.

Ia menambahkan, berkolaborasi dengan semua elemen, Payung Suci akan mencoba untuk berkomunikasi dengan pemerintah kota/ kabupaten Cirebon untuk bisa menjadi jembatan hal yg berkaitan dengan program yang belum tersentuh.

“Kami juga berkolaborasi dengan lintas komunitas seperti Cirebon jeh, pedari gede, bahkan LSM dan lainnya. Kemudian beberapa wargi kami ada kebetulan mendapat amanat menjadi bagian dari instansi terkait, kami juga sentuh beliau beliau, dan Alhamdulillah respek dan responnya luar biasa. Ini juga salah satu syiar kami mengajak, kita tidak bicara hanya payung suci saja tapi atas nama warga Cirebon. Karena saya yakin bilamana ada penggerak, insya Allah jalan,” pungkasnya.

Agus Subekti

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.