Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh Buka Rakor Program Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar dengan Pemerintah Daerah

Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh Buka Rakor Program Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar dengan Pemerintah Daerah

SERGAP.CO.ID

KAB. KARAWANG, || Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh membuka Rapat koordinasi (Rakor) Program Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar (KMB) dengan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan di Hotel Mercure Karawang, Senin (5/1/2024).

Dengan mengusung tema ‘Jabar Beraksi Mewujudkan Satuan Pendidikan Berkualitas’ ini turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Barat, dan perwakilan dari 27 kabupaten/kota pemerintahan daerah yang diantaranya yakni Kepala Disdik, Kepala Bappeda, Bunda PAUD dan pengawas.

Bupati Aep dalam sambutannya memaparkan 6 dukungan Pemkab Karawang dalam peningkatan KMB yang diantaranya ialah, Prioritas tentang transformasi pendidikan dengan menerapkan PBD (Perencanaan Berbasis Data), Platform Merdeka Mengajar dan Penerapan Kurikulum Merdeka, dengan meraih 41,7 persen Penggunaan PMM dengan kategori Terbaik.

Kemudian, lanjutnya, peningkatan literasi dan numerasi dalam Rapor Pendidikan dengan capaian terbaik dan pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Karawang yang telah memasuki tiga Angkatan.

“Angkatan pertama dimulai pada tahun 2021 dan sudah proses melakukan Pengimbasan, dari angkatan 1 sampai angkatan 3 ada 65 Sekolah Penggerak SD dan 18 Sekolah Penggerak SMP,” ujarnya

Bupati menambahkan, Program Guru Penggerak yang terus bertambah dan sudah memasuki 4 Angkatan telah mengangkat Guru Penggerak tersebut menjadi Kepala Sekolah. Sebanyak 349 guru dan Kabupaten Karawang menjadi daerah dengan persentase tertinggi dalam pemberdayaan guru penggerak menjadi kepala sekolah.

“Kami turut mengapresiasi terhadap Program Pembentukan Komunitas Belajar, yang ditindaklanjuti semua satuan pendidikan bersama pembentukan Tim Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah, dan SDN Wadas 1 berhasil menorehkan juara 1 pada Karya Komunitas Belajar Jawa Barat, kami turut bangga atas pencapaian tersebut,” ucapnya.

(Liputan : Ahmad Z)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.