Satukan Diri dengan Alam, Kodim 1608/Bima Gelar Aksi Penanaman Terumbu Karang Di Pantai Oi Fanda

Satukan Diri dengan Alam, Kodim 1608/Bima Gelar Aksi Penanaman Terumbu Karang Di Pantai Oi Fanda

SERGAP.CO.ID

BIMA || Dalam upaya melestarikan lingkungan dan mendukung keberlanjutan ekosistem laut, Kodim 1608/Bima melaksanakan aksi penanaman terumbu karang di wilayah Oi Fanda Desa Ambalawi Kabupaten Bima yang dihadiri oleh Komandan Korem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P, M.Han didampingi Kasi Intel Korem 162/WB Kolonel CZI Anton Indriyanto, S.Sos., M.M, bersama rombongan.(21/01/24)

Selaku Inspektur Upacara Komandan Korem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P, M.Han. Diawali dengan Apel persiapan yang dipimpin oleh Kasdim 1608/Bima Mayor CZI Edy Gustaman.

“Mengawali sambutannya, saya atas nama pribadi dan satuan khususnya Korem 162/Wira Bhakti serta umumnya TNI AD menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat pada kegiatan transplantasi terumbu karang di Pantai Oi Fanda ini,” ucap Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P, M.Han.

Ia menjelaskan, transplantasi terumbu karang dapat memberikan banyak manfaat di masa mendatang. Diantaranya, untuk konservasi lingkungan hidup, pengembangan ekowisata, sebagai ekosistem khas perairan tropik, dan merupakan habitat berbagai biota laut untuk tumbuh dan berkembang biak dalam kehidupan yang seimbang.

“Ekosistem terumbu karang mempunyai produktifitas dan keanekaragaman spesies yang tinggi, baik hewan karang maupun biota lainnya,” jelas Danrem.

Di lokasi Komandan Kodim 1608/Bima, Letkol Inf Andi Lulianto,S.Kom menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen TNI Angkatan Darat dalam menjaga kelestarian alam dan ekosistem laut. “Kami bersatu dengan alam melalui kegiatan penanaman terumbu karang ini sebagai langkah nyata dalam mendukung pelestarian lingkungan,” ujarnya.

Aksi penanaman terumbu karang ini melibatkan personel TNI Angkatan Darat melalui Kodim 1608/Bima Rem 162 / WB, Polri ( Airud Polda NTB, Polres Bima, Polres Kota Bima, Pokwasmas Oi Fanda, Bima Diving dan pihak terkait lainnya. Terumbu karang yang ditanam dipilih secara cermat untuk mendukung pertumbuhan ekosistem laut yang sehat.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan positif dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan lembaga konservasi lingkungan. Kodim 1608/Bima mengajak semua pihak untuk bersama-sama berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan alam demi generasi mendatang.

Dalam semangat kolaborasi untuk menjaga kelestarian lingkungan, aksi penanaman terumbu karang di Oi Fanda berhasil mempertemukan berbagai pihak.

Melalui kerjasama yang sinergis, mereka bersatu dengan alam dalam upaya melindungi ekosistem laut. Keterlibatan berbagai stakeholder ini tidak hanya menciptakan kegiatan penanaman terumbu karang yang sukses, tetapi juga memperkuat ikatan komunitas dalam menjaga keberlanjutan alam di wilayah tersebut.

Kebersamaan ini memberikan dampak positif yang luas, menciptakan harmoni antara masyarakat, pihak keamanan, lembaga pelabuhan, dan organisasi lingkungan dalam merespons tantangan perlindungan lingkungan laut.

Hadir dalam kegiatan Staf khusus Wakil Presiden RI Dr. R Gatot Prio Utomo,Kasi Intel Rem Dandim 1608/Bima Letkol Inf Andi Lulianto, S.Kom dan Perwira Jajaran, Kapolres Bima Kabupaten AKBP Eko Sutomo, Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata, Wakil Bupati Bima, H Dahlan M Noer, Kajari Bima Ahmad Hajar, Ketua PN Bima, Danki Brimob Bima, Direktur PT Pelindo Bima dan Pj Wali Kota Bima diwakili Kepala Bakesbangpol Dr M Hasyim.

Sementara, unsur yang terlibat dalam kegiatan tersebut yakni, Sat Samapta Polres Bima Kota dan Kabupaten, Polsek Ambalawi, Koramil, Pos A, Brimob Bima, Sat Pol Air, BNPB dan BPBD Bima, Satpol PP, SWK 1608/Bima, Pokmas Lingkungan Ambalawi, dan Bima Diving Club.

(Obama)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.