FGD Kelurahan Cibabat Cimahi, Mewujudkan Stabilitas Perekonomian dan Peningkatan Daya Saing SDM 

Caption : Sekcam Kecamatan Cimahi Utara Yuyus Supriatna.

 SERGAP.CO.ID

KOTA CIMAHI, || Focus  Grup Discussion (FGD) Kelurahan Cibabat Kota Cimahi dengan tema Mewujudkan Stabilitas Perekonomian dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM)  digelar di kantor Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara, Kamis (11/1/2024).

Dengan tema tersebut, menurut Sekretaris Camat (Sekcam) Kecamatan Cimahi Utara, Yuyus Supriatna, mewakili Camat Cimahi Utara Rully Sulfanorida, kelurahan Cibabat menggelar FGD tersebut lebih memprioritaskan masalah penanggulangan sampah.

“Tadi saya sudah berbincang-bincang sekilas dengan Ketua LPM Cibabat, bahwasannya ini akan diprioritaskan yang pertama terkait dengan penanganan masalah sampah,” Terang Yuyus.

Karena kata Yuyus masalah sampah merupakan momok yang sangat menakutkan di Kota Cimahi.

“Jadi masalah sampah merupakan stabilitas, contohnya kemarin banyak banjir terjadi  dan kita sudah monitor ke Cipageran, dan Citeureup, masalah sampah tidak bisa dikendalikan,” Ujar Yuyus pula

Akhirnya akibat dampak banjir dan sampah tersebut ada dua rumah yang mengalami roboh.

“Kemudian selanjutnya FGD Cibabat yang mengambil tema ‘Mewujudkan Stabilitas Perekonomian Dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM)’ ini, bahwasannya Kecamatan Cimahi Utara, sudah melaksanakan langkah-langkah itu,” Ucap Dia.

Selain itu kata Yuyus, dalam FGD tersebut dijadikan prioritas utama juga yaitu pembinaan untuk para UMKM.

“Pembinaan UMKM tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kecamatan Cimahi Utara ini agar dapat menjadi mandiri,” Ujar Yuyus.

Diterangkan kembali Yuyus, bahwa Kelurahan Cibabat melaksanakan pembinaan kepada para UMKM dilaksanakan setiap tiga bulan sekali (triwulan).

“Jadi setiap triwulan atau tiga bulan sekali kami adakan pelatihan-pelatihan para UMKM-UMKM yang ada di Cimahi Utara,” Jelasnya.

Caption : Lurah Cibabat Kota Cimahi Mochamad Faisal

Begitupula terkait masalah Stunting, yang masih tinggi di Cimahi menurut Yuyus, perlu penangan yang lebih serius lagi.

“Kita akan memberdayakan masyarakat kepada Dinas kesehatan, untuk penanganan masalah stunting yang dijadikan skala prioritas yang kedua,” Tandasnya.

Menyangkut masalah penanganan sampah, Lurah Cibabat Mochamad Faisal juga ikut menjelaskan, bahwa pihaknya telah merencanakan kerja bakti bersama untuk membersihkan gorong-gorong dikelurahan Cibabat yang banyak tersumbat oleh sampah.

“Besok juga kami sudah menghimbau kepada warga masyarakat Kelurahan Cibabat, melalui ketua RW untuk melaksanakan gotong royong dan kerja bakti ini akan dilaksanakan diseluruh kelurahan Kota Cimahi, Cibabat mengambil peran itu, Insyaallah akan melakukan pembersihan di titik-titik seperti selokan atau drainase yang tersumbat oleh sampah, karena hujan,” Ungkap Faisal.

Bahkan gerakan kerja bakti ini kata Faisal pihaknya akan turun bersama Binwil yang ikut peran kerja bakti diwilayah bersama masyarakat.

Faisal juga sekaligus menjelaskan masalah peran FGD yang diikuti oleh tokoh-tokoh masyarakat, RT, RW, LPM, dan masyarakat lainnya.

“Untuk FGD dan Musrenbang tahun ini 2024, kita memiliki tema Mewujudkan Stabilitas Perekonomian Dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM), tetap ini sama seperti tahun kemarin bahwa Sumber Daya Manusia harus tetap saling meningkatkan,” Papar Faisal.

Sedangkan untuk perekonomiannya, pihak kelurahan Cibabat sudah membangun kerjasama dan memiliki himpunan UMKM Kelurahan Cibabat.

“Kami sudah mempunyai koordinatornya, selalu ada pertemuan minimal setiap satu bulan sekali, dan maksimal 3 bulan sekali dengan menggunakan Aula Kelurahan Cibabat,” Jelas Faisal.

Ditambahkan Faisal bahwa pihaknya setiap adanya kegiatan di kelurahan Cibabat, selalu melibatkan UMKM.

“Kami selalu melibatkan para UMKM, seperti buat bazar, jadi mereka selalu berperan aktif setiap adanya kegiatan di Kelurahan Cibabat,” Terang Dia.

Sedangkan terkait untuk Musrenbang dan FGD ini menurut Faisal kembali, masukan dan gagasan dari para tokoh masyarakat, Ketua RT, RW termasuk unsur-unsur terkait lembaga.

“Juga mengambil peran untuk diusulkan, apa sih yang akan dijadikan prioritas di kelurahan Cibabat?,” Ucap Faisal.

Dengan adanya kebersamaan tersebut, kata Faisal, hal ini bisa membangun dan meningkatkan wilayah Cibabat bisa lebih baik lagi kedepannya.

(**Bgj) 

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.