Budidaya Ikan Air Tawar, Kodim 1613/Sumba Barat Wujudkan Ketahanan Pangan

SERGAP.CO.ID

SUMBA BARAT, || Ketahanan pangan bukan hanya sekedar prioritas akan tetapi juga menjadi target kesejahteraan dan pemerataan bagi masyarakat. Oleh karena itu Pemerintah pusat maupun daerah terus melakukan penguatan ketahanan pangan.

Untuk mendukung program ketahanan pangan ini, TNI khususnya TNI AD beserta satuan komando kewilayahan melaksanakan kegiatan ketahanan pangan berupa penanaman lahan kosong milik TNI maupun pemerintah daerah dan melakukan pendampingan ketahanan pangan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tidak terkecuali Kodim 1613/Sumba Barat yang hingga saat ini masih konsisten mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan di wilayah dengan mengerahkan para Babinsa guna melakukan pendampingan kepada para petani di wilayah teritorialnya masing-masing.

Tak sebatas itu, Kodim 1613/Sumba Barat juga bekerja sama dengan Dinas Pangan dan Perikanan (Dispari) Kabupaten Sumba Barat melakukan budidaya ikan air tawar di kolam yang dikelola Kodim Sumba Barat dan masyarakat yang bertempat di Kampung Gollu Wonus Dusun 2 Desa Dokakaka Kec. Loli Kab. Sumba Barat.

Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 1613/Sumba Barat Kapten Inf Zainul Ehksan mengatakan, budidaya ikan air tawar varietas Nila ini merupakan pilot project atau demonstrasi plot (demplot) kolam air tawar sebanyak 5 Kolam berukuran 4X4 meter persegi.

”Ini bagian dari kegiatan pembinaan ketahanan pangan yang dilaksanakan Kodim 1613/Sumba Barat Ini hanya sebagai contoh saja untuk Koramil jajaran. Kedepannya akan kita masifkan lagi untuk pemeliharaan ikan jenis air tawar ini”, terangnya di lokasi pada Rabu (10/01/2024).

Demplot kolam air tawar ini, lanjutnya, juga sebagai lahan percontohan sekaligus metode penyuluhan bagi para Babinsa yang selanjutnya akan dicontoh para Babinsa untuk disosialisasikan dan dikembangkan kepada para petani ikan air tawar di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Bapak Lukas Lali (50) salah satu warga Dusun Gollu Wonus menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kodim 1613/Sumba Barat, karena telah mendukung dan hadir terkait dengan pemberdayaan budi daya ikan tawar di Desannya.

“Kami berharap semoga kedepannya bisa bermanfaat untuk mendukung dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya

(MSS*”)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.