Tidak Perdayakan Masyarakat Lokal, PT AMNT Sumbawa Bakal di Usir

SERGAP.CO.ID

SUMBAWA || Masyarakat sekitar tambang kecewa dengan sikap PT AMNT yang dinilai tidak berpihak kepada warga lokal. Karena hingga saat ini permintaan masyarakat sama sekali tidak ditanggapi oleh management dari perusahaan tersebut sehingga sering mengundang kemarahan warga.

“Kami sudah berupaya untuk membangun komunikasi dengan semua pihak agar akses lokal ini dipermudah, namun satupun dari manajemen perusahaan tidak menanggapi,” ujar Ketua DPD Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI), Muhlisin saat dimintai keterangan melalui telepon seluler, Selasa (9/1/2024).

“Kewajiban mereka (perusahaan) memberdayakan masyarakat lokal agar tidak hanya jadi penonton,” tegasnya.

Muhlisin juga akan menggugat beberapa oknum yang diduga menciptakan konflik of interes dan memecah belah persatuan warga lingkar tambang sehingga warga tidak bersatu.

Ia mengatakan sudah mengantongi nama-nama oknum yang diduga sengaja membuat konflik dan mengkotak-kotakan kelompok masyarakat.

“Kami masyarakat akan menggugat oknum PT AMNT yang mengkotak-kotakan kelompok masyarakat sehingga mereka tidak bisa bersatu,” tegasnya.

Sementara itu, Aktivis perempuan, Yuni Bourhany juga menuntut perusahaan memberikan akses masyarakat lingkar tambang agar bisa lebih diprioritaskan.

“Kami mendesak PT AMNT dan Pemda Sumbawa Barat agar mengimplementasikan kewajiban nya untuk membuat masyarakat lebih baik,” ujarnya.

Salah satu perwakilan pengusaha lingkar tambang yaitu Jereweh, Maluk dan Sekongkang, Irwansyah mengatakan bahwa mereka akan melakukan aksi menutup gate PT AMNT sepanjang pihak perusahaan tidak mengindahkan permintaan masyarakat.

“Pemberitahuan awal kami akan gelar aksi sampai tanggal 28 Januari 2024, namun jika tidak diindahkan kami akan melakukan terus menerus sampai ada itikad baik dari perusahaan,” tutupnya.

Sebelumnya, beberapa hari lalu masyarakat lingkar tambang melakukan aksi sweeping di depan gate PT AMNT. Dalam aksi tersebut masyarakat menuntut agar perusahaan memberikan hak-hak masyarakat lokal termasuk untuk mengelola limbah yang dihasilkan oleh tambang PT AMNT yang berbentuk tembaga bekas atau scrap.

(Obama)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.