Lantik Kwartan HKTI Kecamatan Depok, Ayu : Wanita Tani Tidak Mesti Menanam Padi di Sawah

SERGAP.CO.ID

KABUPATEN CIREBON || Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih melantik pengurus wanita Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Desa Keduanan, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon periode 2024-2029, dengan tema “wanita Tani Mendukung Ketahanan Pangan Desa”.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Ayu sapaan akrab Wakil Bupati Cirebon menjelaskan, Alhamdulillah pada hari ini saya melantik kwartan HKTI Kecamatan Depok yang rencana setiap kecamatan terbentuk artinya bahwa perempuan-perempuan ini supaya bisa lebih di berdayakan, Selasa (09/01/2024).

Jadi wanita Tani ini tidak mesti harus menanam padi di sawah tetapi yang sederhana dahulu seperti memanfaatkan lahan pekarangan dan kuwu tadi bilang sudah menyiapkan lahan nya sekitar dua ribu meter untuk kwartan HKTI kecamatan Depok supaya bisa di manfaatkan untuk menanam.

“Nanti kita dari pemerintah Daerah bisa membantu untuk pohon nya seperti cabe, bawang ataupun tumbuhan obat keluarga,” ujarnya.

Kwartan ini bukan hanya mengurus soal pertanian saja tetapi di dalamnya ada wanita-wanita yang memang benar-benar mempunyai keahlian sehingga agar lebih mandiri lagi.

Untuk saat ini baru 7 kecamatan yang sudah di lantik kepengurusannya nanti kedepannya setiap kecamatan ada HKTI nya.

“Saya berharap pelantikan ini tidak hanya menjadi seremonial belaka, namun akan terus ada aksi nyata dari kepengurusan perempuan tani dalam pengembangan pertanian di Kabupaten Cirebon,” pungkasnya.

Sementara itu kuwu Keduanan Sanusi mengatakan. Saya atas pemerintah Desa mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi yang sudah melantik pengurus HKTI kecamatan Depok.

Ini merupakan sebagai langkah penguatan organisasi yang paling utama HKTI bisa menjadi alat pemersatu kaum perempuan dalam membantu ketahanan pangan di kabupaten Cirebon disektor pertanian.

“Perempuan Tani HKTI sebagai organisasi sosial untuk bersiap memajukan potensi pertanian dengan sejumlah program pengembangan kawasan pertanian serta menjangkau masyarakat khususnya para petani di desa Keduanan dan kecamatan Depok pada umumnya,” ujarnya.

Pemerintah Desa siap bersinergi dengan HKTI dengan menyiapkan lahan seluas dua ribu meter untuk lahan pertanian.

“Saya berharap setelah dilantik HKTI bisa membantu pemerintah dalam rangka memfasilitasi dan mengedukasi petani untuk mewujudkan swasembada pangan di kabupaten Cirebon,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor desa setempat, turut hadir Camat Depok Sund Dewi, Ketua Wanita Tani Kabupaten Cirebon Yulistin, Kuwu Keduanan dan tamu undangan lainnya.

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.