Rayakan Hari Bakti PU, Ini Target Kementerian PUPR!

SERGAP.CO.ID

KUPANG, || Perhelatan Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke-78 di NTT, seluruh insan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kota Kupang kompak memakai baju adat Nusantara. Hari bakti PU itu digelar bersama Kementerian  PUPR dan Dinas PU dan Penataan Ruang serta Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan puncak hari Bakti PUPR dilaksanakan di Lapangan Kantor BPJN NTT, Kota Kupang, Senin (4/12/2023).

Hari Bakti PUPR ini dilaksanakan  upacara bendera bersama merah putih dan bertindak sebagai Pembina upacara Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi NTT, Kosmas D Lana yang sekaligus menyampaikan arahan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Menurut Menteri PUPR, Kementerian PUPR telah melaksanakan dan mendukung penyelenggaraan event- event internasional, seperti KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 2023 FIBA Basketball World Cup di kompleks GBK, serta Piala Dunia U- 17 2023 di 4 provinsi yang menjadi tuan rumah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Lanjutnya pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, IPA, IPAL dan TPST, serta hunian pekerja.

Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pembangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olah raga.

Serta melanjutkan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) dimana 88 PSN telah selesai (seperti bendungan, jalan tol, irigasi, sistem penyediaan air minum dan Program Satu Juta Rumah).

Selanjutnya, ditargetkan sebanyak 40 PSN lainnya akan selesai di akhir tahun 2023 hingga akhir tahun 2024.

Kementerian PUPR juga melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan, terutama di desa-desa, melalui program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi 5,4 juta orang.

Sejak tahun 2016 hingga tahun 2023, telah dibangun pula tidak kurang dari 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat dan 1,35 juta unit rumah swadaya.

Dikatakan, sesuai Inpres No. 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, Kementerian PUPR memulai penanganan jalan daerah sejak Juli 2023 sepanjang 3.139 km dan 2.682 meter jembatan di 33 provinsi.

“Diharapkan semua pekerjaan dapat kita tuntaskan pada akhir 2023 dan akan kita lanjutkan di tahun berikutnya,” kata Basuki.

Seluruh capaian pembangunan infrastruktur PUPR diatas dapat terwujud karena kerja keras, kekompakan, kebersamaan dan kerja sama dari seluruh unsur terkait, termasuk mitra kerja PUPR.

“Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan, pegawai, jajaran dan seluruh mitra kerja Kementerian PUPR atas kinerja dan dedikasinya di tahun 2023 ini,” harapnya.

Sementara itu, usai kegiatan Hari Bakti PU ke 78, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) X NTT, Agustinus Junianto menjelaskan capaian dalam peningkatan pembangunan antara lain dalam bidang Infrastruktur, Perumahan, Jalan dan Jembatan, Cipta karya, Balai Sungai BP2JK, Asean Summit 2022, Hari Air Sedunia 2023- 2024, Peresmian Jalan wolomori Labuan Bajo, Pembangunan Manikin dan Perumahan di Kabupaten oleh BP2JK.

Ia menambahkan tahun 2023 BPJN telah menanggani sekitar 158 kilo jalan Nasional di Nusa Tenggara Timur.

Perlu diketahui Peresmian SPAM dan Gereja Katedral di Kota Kupang akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

(DESSY)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.