Kepala Perwakilan Media Sergap.co.id Provinsi NTB Sukirman Obama Bersama Danrem 162/Wira Bhakti Brigjend TNI Agus Bhakti, M.IP.M.Han

SERGAP.CO.ID

NTB || Hari Kesaktian Pancasila jatuh setiap 1 Oktober . Setiap datang tanggal tersebut, rakyat Indonesia melakukan peringatan untuk mengingatkan kembali perjuangan dalam melawan ideologi komunis yang digembar-gemborkan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Para anggota PKI yang mulai merongrong stabilitas negara Indonesia dengan melakuka gerakan pemberontakan pada 30 September 1965, akhirnya dapat ditumpas.

Gerakan yang dinamakan G30S/PKI tersebut telah mengalahkan tujuh perwira TNI Angkatan Darat. Para pendukung PKI menculik mereka, membunuhnya, lalu pemakamannya dibuang ke sebuah sumur yang ada di Lubang Buaya, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Semua jenazah baru ditemukan pada tanggal 4 Oktober 1965 dan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan. Mereka di kemudian hari diberikan anugerah sebagai Pahlawan Revolusi.

Hari Kesaktian Pancasil diperingati bersama antara TNI dengan rakyat Indonesia dengan dasar Keppres 153 Tahun 1967. Alasan di balik peringatannya diliputi dengan sejarah kelam pembunuhan massal dan pemberontakan oleh PKI. Kendati demikian, upaya perlawanan terhadap ancaman dari dalam negeri ini dapat diatasi oleh berbagai elemen bangsa Indonesia.

Tema Hari Kesaktian Pancasila 2023 yaitu “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

(Obama)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.