Desa Sukaluyu, Masuk dalam Zona Ring 3, Ini Infonya

Sergap.co.id
Kab. Bandung //
Desa Sukaluyu di Kecamatan Pangalengan masuk ke dalam zona ring 3 wilayah terdampak pengeboran Panas Bumi Pangalengan. pada Kamis (28/9/23).

Saat disambangi awak media online jabar mempertanyakan terkait, program Desa di Sukaluyu Kecanatan Pangalengan Kabupaten Bandung Jawa Barat.


Dalam keterangannya Sekdes Asep Taryana mewakilinya. “Dengan variasi besaran nilai Bonus Produksi, setiap wilayah baik ring 1,2 dan 3, mendapatkan anggaran tersebut untuk digunakan bagi kepentingan masyarakat.” katanya.


Lanjut Asep, “Penggunaan anggaran Bonus Produksi disesuaikan dengan kebutuhan Desa setempat. Di Sukaluyu digunakan untuk membangun garasi dan bangunan pos Desa. Pengalokasian pembangunan tersebut berdasarkan kesepakatan dari masyarakat maupun dengan pengurus Desa, tentu didampingi dengan Perbup sebagai acuan”, Ucap Asep (Sekdes Sukaluyu).

Lebih lanjut Asep Taryana, menjelaskan mekanisme penggunaan Anggaran baik pembangunan dari Dana Desa, program pemerintah melalui Aspirasi Dewan maupun Bonus Produksi. Semua titik pembangunan sudah masuk dalam Musrenbang, sehingga saat anggaran turun, itu sudah sesuai dengan aturan.
Untuk pembangunan jalan Desa sudah pasti melalui PUPR, PSU oleh Disperkimtan.

Masih kata Asep Taryana, Sisa jalan umum atau gang bisa menggunakan anggaran Dana Desa.
Berapapun besaran yang diterima dari PT. Geothermal Energy Pangalengan sangat bermanfaat dan membantu perbaikan sarana maupun infrastruktur di Desa Sukaluyu.

Asep Tarnyana, “Kami sangat bersyukur bahwa dari mulai 2022 dan tahun sekarang serta tahun tahun yang akan datang, wilayah terdampka akan mendapatkan bantuan dari Geothermal Star Energy.” tuturnya.


Saat ini yang dibutuhkan adalah garasi dan gerbang Desa, sedangkan untuk tahun yang akan datang penggunaan Bonus Produksi akan digunakan sesuai kebutuhan yang mendesak. Bonus Produksi merupakan Bonus bagi untung dari perusahaan pengelola panas bumi untuk wilayah terdampak.

Kabupaten Bandung, memberikan Bonus Produksi secara langsung ke Desa pada tahun 2022. Hal ini disambut baik oleh Desa desa di Kecamatan Pangalengan, Kertasari, Ibun, Ciwidey, Pasirjambu dan Rancabalu. Sebanyak 48 Desa mendapatkan Bonus Produksi termasuk Desa Sukaluyu Kecamatan Pangalengan yang berada di ring 3.


(Zrn)**

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.