Peringati HUT ke 78 Kemerdekaan RI, Koramil 1402/Harjamukti Bersama Muspika Gelar Berbagai Lomba

SERGAP.CO.ID

KOTA CIREBON.- Kegiatan Agustusan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia rutin digelar berbagai kalangan di seluruh pelosok tanah air.

Bacaan Lainnya

Tak ketinggalan pula, instansi militer pun ikut andil dalam menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kali ini, Koramil 1402/Harjamukti Kodim 0614/Kota Cirebon bekerja sama dengan Muspika Kecamatan Harjamukti dan Kecamatan Pekalipan menggelar berbagai lomba yang dipusatkan di wilayah binaan untuk memeriahkan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia ini.

Danramil 1402/Harjamukti, Kapten Inf Kodrat menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme generasi penerus bangsa.

“Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 dan menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini dan memupuk rasa kebersamaan antar warga masyarakat,” tutur Danramil usai membuka kegiatan lomba di RW 07 Penggung Selatan, Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti, Minggu (6/8/23) malam.

Selain itu, lanjut Kapten Kodrat, kegiatan ini dilaksanakan semata-mata untuk mengingat kembali perjuangan pahlawan saat membela bangsa Indonesia dengan keringat dan darah.

“Ini juga sebagai ajang silaturahmi guna mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” terangnya.

Pria yang pernah menjabat Pasi Intel Kodim 0614/Kota Cirebon ini menjelaskan, pihaknya menggelar lomba Agustusan ini dipusatkan di dua wilayah binaan yakni di Kecamatan Harjamukti dan Kecamatan Pekalipan.

“Hari ini kami pusatkan di RW 07 Penggung Selatan Kelurahan Kalijaga dengan menggelar berbagai lomba diantaranya, lomba futsal tingkat SD, sepeda santai umum dan tenis meja untuk umum, SMP/SD yang diikuti 120 peserta,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RW 07 Penggung Selatan, Poniah mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Koramil 1402/Harjamukti. Menurutnya hal ini setidaknya memberikan pesan moral kepada masyarakat untuk mengingat jasa para pahlawan yang sudah memerdekakan bangsa Indonesia.

“Khususnya generasi pemuda penerus bangsa harus meningkatkan rasa nasionalisme yang tinggi. Dan juga masyarakat pentingnya persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Ia berharap, kegiatan ini menjadi momen penting untuk menumbuhkan solidaritas antar warga dan juga warga dengan TNI.

Agus

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.