Pembuatan Bronjong TMMD Ke-117 Kodim Sumba Barat Terus Berlanjut

SERGAP.CO.ID

SUMBA BARAT, || Progres program fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 Kodim 1613/Sumba Barat terus berlanjut. Gotong royong satgasTMMD bersama masyarakat terus dilakukan termasuk dalam pengerjaan pembuatan Bronjong/penahan longsor.

Berdasar hasil pantauan di lapangan pada Sabtu 29/07/2023) pembangunan Bronjong di tepian sungai di Desa Baliloku Kecamatan Wanukaka Kabupaten Sumba Barat telah mencapai sekitar 80 persen.

Memasuki hari ke 18 pekerjaan pembuatan bronjong TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 tahun 2023 Kodim 1613/Sumba Barat hampir rampung di kerjakan, karena jumlah material pemasangan bronjong telah terpasang dimana bronjong yg bertingkat telah sebagian telah selesai dibangun.

Menurut Dan SSK Satgas TMMD Kapten Inf I Nyoman Sukada Ada banyak kelebihan kawat bronjong dibandingkan dengan tanggul beton, kawat ini banyak diterapkan sebagai pelindung untuk mencegah erosi dan abrasi, model Bronjong ini sudah layak uji dan banyak dipasang pada bibir sungai agar tidak terjadi penggerusan tanah pada saat banjir.

Tim Satgas dan masyarakat lainnya pun turut berjibaku membantu memasukkan/menyusun bebatuan belah tersebut ke bronjongan yang telah dipasang, di bibir sungai yang rawan terkena longsor.

“Langkah taktis dan terukur tersebut sesuai dengan arahan Dansatgas TMMD, Letkol Inf Yuliansa Fitra Bronjong segera kami tuntaskan, guna membantu masyarakat terutama petani yang area sawahnya berada di tepian sungai agar terhindar dari Lonsor atau abrasi,” jelasnya.

Hingga saat ini kawat bronjong dan material batu sudah cukup untuk pemasangan yang dibutuhkan, sehingga dalam pengerjaannya tidak terjadi kendala dan halangan, tutup Kapten Inf I Nyoman Sukada saat berada di lokasi.

(Mss**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.