Atasi Stunting, TMMD Kodim 1613/Sumba Barat Sosialisasi Pencegahan

SERGAP.CO.ID

SUMBA BARAT, || Pada rangkaian kegiatan Non Fisik TMMD ke-117 Kodim 1613/Sumba Barat bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat melalui Dinas Kesehatan menggelar sosialisasi pencegahan dan penanggulangan stunting kepada masyarakat di Desa Kabukarudi Kecamatan Lamboya Kabupaten Sumba Barat, Selasa (25/07/2023).

Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Inf Yuliansa Fitra pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa TMMD ke-117 ini tidak hanya kegiatan fisik tetapi non fisik salah satunya sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Stunting kepada masyarakat.

“Banyak hal yang harus kita pelajari dan pahami bagaimana cara merawat dan mendidik anak dengan baik, lewat sinergitas bersama agar penurunan angka Stunting di Kabupaten Sumba Barat bisa tercapai,” ungkapnya

Pola asuh orang tua menjadi penting, karena masalah ekonomi bukan menjadi faktor utama terjadinya stunting. Menurutnya pengetahuan orang tua dalam merawat anak adalah faktor penentu dalam tumbuh kembang anak.

“Jadi saya berharap kita menyimak baik-baik cara merawat dan mendidik anak dengan baik. Karena yang memiliki resiko stunting bukan hanya karena faktor ekonomi, melainkan banyak hal salah satunya pola asuh,” tandasnya.

Alfons Deristo Lega,S.KM,M.Kes selaku petugas penyuluh dari Dinas Kesehatan menjelaskan bahwa deteksi dini seperti pemantauan pertumbuhan rutin di fasilitas kesehatan penting dalam mencegah terjadinya malnutrisi pada anak. Supaya angka stunting menurun.

“Berkaitan dengan strategi khusus pencegahan stunting kuncinya adalah pada pemberian gizi yang baik, pemantauan tumbuh kembang rutin untuk deteksi dini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kabukarudi Bapak Barnabas Bora Haingu mengungkapkan kegembiraannya karena Desanya mendapatkan sasaran dari kegiatan TMMD ke-117. Dia berharap pembangunan fasilitas dan sosialisasi Stunting ini dapat bermanfaat bagi warga.

“Terimakasih kepada Kodim 1613/Sumba Barat dan Pemerintah Daerah yang telah melakukan TMMD di Desa Kabukarudi. Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat,” harapnya

(Mss**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.