Dandim 1608/Bima Letkol Inf M. Zia Ulhaq, S.Sos Hadiri Upacara Memperingati Hari Jadi Bima ke-383

SERGAP.CO.ID

BIMA, || Pada hari rabu tanggal 05 Juli 2023 pukul 08.57 s/d 10.00 Wita bertempat di halaman kantor Bupati Bima Jln. Soekarno-Hatta No 01 DusunGodo Desa Dadibou Kec. Woha Kab. Bima, telah berlangsung upacara dalam Rangka memperingati Hari Jadi Bima ke-383 tahun 2023, dengan Tema Sinergi Harmonis dan Meraih Prestasi selaku inspektur Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri SE, komandan upacara Kabid Mutasi BKD Bima Indra Fajar S. Stp, Dan Perwira Upacara Kadis perijinan Kab. Bima Drs. Ishaks, dengan jumlah tamu undangan sekitar 1000 orang. Rabu, (5/7/2023) WITA.

Adapun yang hadir dalam kegiatan Sbb :

  1. Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri SE.
  2. Walikota Bima di Wakili Wakil Walikota Bima FeriSofyan SH.
  3. Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan H. M. Noor, M. Pd
  4. Dandim 1608/Bima Letkol Inf Muhamad Zia Ulhak S.sos
  5. Kapolres Bima Kota di wakili Waka Polres Bima Kota Kompol Mujahidin SH.
  6. Kapolres Bima AKBP Hariyanto S.IK S.H.
  7. Ketua DPRD Kab. Bima, M. Putera Feriyandi, S. IP.
  8. Danyon Brimob AKBP Zulkarnain SIK.
  9. Kejaksaan Bima Ahmad Hajar SH. MH.
  10. Anggota DPR RI Safrudin ST. MT.
  11. Kepala MUI Kab. Bima Drs. H. Abdurrahim Haris.
  12. Kepala Kantor kementerian Agama Kab. Bima Drs. H. Mujiburrahman S. Ag.
  13. Sekda Bima Drs. H. M. Taufik Hak.
  14. Kasat Pol PP Kab. Bima Samsul Bahri M. Si.
  15. Para Asisten Pemkab Bima.
  16. Para Staf Ahli Pemkab Bima
  17. Para Pimpinan OPD Lingkup.
  18. Para Camat se Kab Bima.
  19. Para Kepala Desa se Kab Bima.
  20. Tokoh agama, tokoh masyarakat.

Adapun pelibatan pasukan yakni:

  1. I SST Kodim 1608/Bima.
  2. I SST Kompi Brimob Bima.
  3. I SST Polres Kab. Bima.
  4. I SST Pol PP Kab. Bima.
  5. I SST Dikes Kab. Bima.
  6. I SST BPBD Kab. Bima.
  7. I SST Damkar Kab. Bima.
  8. I SST Tagana, Dinsos Kab. Bima.
  9. I SST Korsik Pemda.

Rangkaian kegiatan sbb :

Pukul 08.57 Wita Upacara di mulai , Komandan upacara memasuki lapangan upacara dilanjutkan dengan Pembacaan sejarah singkat hari jadi Bima

Pukul 09.04 wita Inspektur upacara memasuki mimbar upacara dilanjutkan dengan Penghormatan pasukan kepada inspektur upacara dan Laporan Komandan upacara kepada Inspektur upacara.

Pukul 09.00 Wita Pataka Lambang Kabupaten Bima memasuki lapangan Upacara dilanjutkan dengan Penghormatan kepada Pataka lambang Kabupaten Bima.

Pukul 09.10 Wita Mengheningkan Cipta yang di pimpin oleh inspektur upacara dilanjutkan dengan Pembacaan Pancasila oleh inspektur upacara di ikuti oleh seluruh peserta Upacara.

Pukul 09.14 Wita Pembacaan teks pembukaan UUD 1945, oleh Ketua DPRD Kab. Bima.

Pukul 09.17 Wita, Amanat inspektur Upacara yang di sampaikan oleh Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri,SE.M.IP Yang intinya :

“Segenap pimpinan organisasi keagamaan sosial kemasyarakatan alim ulama tokoh masyarakat tokoh pemuda dan wanita singkatnya para peserta upacara yang berbahagia pada pagi hari yang penuh kebahagiaan ini saya mengajak kita semua memanjatkan puji syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala di mana atas limpahan rahmat dan karunianya pada hari ini kita kembali dapat bersama dalam rangka memperingati hari jadi Bima ke-383 tahun 2023”

“Peringatan hari jadi Bima ini memiliki warna yang agak berbeda dibanding pada pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya di mana segenap seluruh masyarakat dalam bojo lebih khusus para peserta upacara yang berbahagia mengenakan busana adat Bima”.

“Sebagai upaya dan bagian dari membanggakan diri sebagai masyarakat Bima yang tentunya memiliki kekhasan sendiri baik itu dari corak tenun dan beberapa tahapan akan pakaian adat semuanya itu dalam rangka ikut melestarikan budaya keselasan masyarakat dalam bojo Bima”.

“Penyelenggaraan tahun ini mengangkat tema sinergi dan harmoni meraih prestasi melalui tema ini kami dan bapak wakil bupati Bima ingin menyampaikan pesan dan mengajak semua komponen di daerah ini agar mengedepankan sinergi dan keselarasan dalam mengisi pembangunan serta menjabarkan visi dan misi pembangunan sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD kabupaten Bima tahun 2021 2026 tahun 2023 ini adalah tahun ketiga pada periode kedua kepemimpinan kami bersama bapak wakil bupati”.

“Kini kami meyakini bahwa dukungan kekompakan dan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat dan membujur merupakan model utama dalam menjabarkan visi dan misi yang telah kita tetapkan bersama untuk mencapai target tersebut Diperlukan sinergi baik antara pemerintah daerah aparatur sipil negara masyarakat kalangan wirausaha dan kekompakan bagi aparatur di desa kecamatan sehingga itu semua makanan bagian penting yang tidak terpisahkan dalam mata rantai pembangunan yang berkelanjutan”.

“Pada beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 1 Juli kita juga memperingati hut Bhayangkara yang ke-77 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia yang merupakan komitmen dari TNI dan polri untuk bersama-sama ikut mensukseskan perhelatan Akbar yaitu pemilu serentak pada tahun 2024”.

“Oleh karena itu kepada seluruh pihak baik itu TNI polri pemerintah lebih-lebih penyelenggara yaitu KPU dan Bawaslu untuk saya mengingatkan untuk melalui tahapan dengan sebaik mungkin lebih khusus seluruh pimpinan partai politik agar betul-betul melalui tahapan ini sebagai wujud komitmen kita bersama ikut melaksanakan dan mensukseskan pemilu pada tahun pada momen yang penuh kebahagiaan ini”.

“Saya ingin mengingatkan kita semua bahwa membanggakan prestasi bukanlah tujuan utama bagi kita dalam bekerja tetapi bagaimana mampu menyelesaikan berbagai kekurangan dan catatan yang belum kita laksanakan dalam masa kepemimpinan dan periode kita bekerja”.

“Oleh karena itu kepada seluruh masyarakat dalam bojo Di manapun berada diizinkan pada momentum yang penuh kebahagiaan ini akan selama pemerintah dan masyarakat yang berada di Bima saya menyampaikan dirgahayu bima-ku yang ke-383”.

“Mari kita tunjukkan dharma bakti dan pengabdian terbaik kita bagi yang kita banggakan dan tetaplah berkarya tetaplah bekerja jangan mengukur setiap apa yang engkau hasilkan dengan prestasi dan pujian tetapi ingatlah semakin maju dan sejahteranya masyarakat kita pada 5 , 10 hingga 20 tahun ke depan itu adalah buah karyamu buah pengabdian yang engkau laksanakan pada kesempatan dengan amanah yang diberikan Allah kepada kita semu.

“Semoga kita semua akan mampu menjalankan amanah yang dititipkan dalam diri kita dengan sebaik mungkin terima kasih saya ucapkan atas dukungan seluruh pihak sehingga Bima di usianya yang ke-383 tahun kembali membanggakan dirinya dengan seluruh dukungan yang diberikan oleh masyarakat Dana Mbojo dirgahayu bima-ku sejahtera masyarakatku”. Papar Bupati.

Pukul 09. 25 Wita Pembacaan do.a oleh kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Bima, Drs. H. Mujiburrahman S. Ag.

Pukul 09. 30 Wita Penghormatan kepada lambang kab Bima yang di pimpin oleh Komandan upacara.

Pada Pukul 09.32 Wita Petaka lambang Kabupaten Bima meninggalkan lapangan upacara dilanjutkan dengan
Andika Bayangkari dan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara.

Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara dilanjutkan dengan Inspektur upacara berkenan meninggalkan Mimbar Upacara.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh pemerintah Kab. Bima disetiap tahunya sebagai rasa bangga terhadap dan rasa syukur atas tanah Bima yang telah di Wariskan oleh para leluhur kerajaan Bima.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan dua unit mobil damkar oleh Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Bima Didi Fahdiansyah, ST, MT dan 1 unit mobil Kendaraan alat pemeriksa Tes fungsi kendaraan bermotor oleh kementerian perhubungan melalui balai pengelola transportasi darat wilayah Nusa tenggara barat Kab. Bima kepada Bupati Bima.

(Obama)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.