STAI Darul Qalam Tangerang Gelar FGD Bertemakan Santri Pancasila Ponpes Syaikh Ciliwulung Banten

STAI Darul Qalam Tangerang Gelar FGD Bertemakan Santri Pancasila Ponpes Syaikh Ciliwulung Banten
STAI Darul Qalam Tangerang, Adakan Focus Group Discussion (FGD) Nasional, STAI Darul Qalam Tangerang Hadirkan Dr (C). Rd. Dewi Rahma Sari Sebagai Narasumber

SERGAP.CO.ID

TANGERANG || Focus group discussion yang lebih terkenal dengan singkatannya FGD merupakan salah satu metode riset kualitatif yang paling terkenal selain teknik wawancara.

Bacaan Lainnya

FGD adalah diskusi terfokus dari suatu group untuk membahas suatu masalah tertentu, dalam suasana informal dan santai.

Teknik berikut umum digunakan dalam lembaga akademik maupun perusahaan. Kegiatan diskusi pada FGD adalah berdasarkan topik tertentu yang spesifik sehingga lingkup pembahasan bisa terfokus pada subjek terkait.

Pada Minggu, 2 Juli 2023, Program Sarjana Pendidikan Agama Islam STAI Darul QalamTangerang, menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion dengan bertemakan “MANAJEMEN PESANTREN KOMBINASI KHALAFIYAH DAN SHALAFIYAH DALAM PEMBENTUKAN PROFIL SANTRI PANCASILA. (Studi Fenomenologi Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Syekh Ciliwulung – Banten)”.

Dihadiri kurang lebih 60 orang baik secara offline maupun online

Mengundang Dosen pengajar di lingkup Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Qalam – Tangerang, kegiatan ini menghadirkan Rd. Dewi Rahma Sari, S.S., S.Pd., MA. sebagai narasumber.

Beliau memaparkan beberapa hal diantaranya:

Hasil implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan santri dipondok pesantren melalu berbagai kegiatan, seperti kegiatan kagamaan, hizbul wathan, ziarah Kubur Para Wali/pahlawan Nasional, Organisasi santri, pengkaderan dan lain-lain.

Data dilapangan lingkungan pondok pesantren Darul Hikmah Syaikh Ciliwulung mewajibkan semua santri untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari Mereka, Sebagai contoh didalam bersosialisasi dilingkungan pondok maupun diluarnya.

Kesimpulannya adalah para santri dipondok pesantren Darul Hikmah Syekh Ciliwulung Banten sangat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari santri, sebagai upaya untuk mewujudkan hubungan yang baik dengan semua santri dan masyarakat Nasional maupun Internasional untuk menjadikan para santri berkepribadian rahmatan lil alamin ( Rahmat/kasih sayang bagi alam beserta isinya). Sebagai upaya keberhasilan pondok pesantren Darul Hikmah melaksanakan pendidikan, kegiatan dan kurikulum/program pesantren yang mengedepankan nilai-nilai Pancasila.

Memperingati hari-hari besar Nasional, mempelajari karakter para pahlawan juga para waliyullah dan rihlah tarbawiyah seperti ziarah ke maqom” para waliyullah , serta 3 kendala yang umum bagi para tenaga/pegiat akademik dalam proses kenaikan jabatan akademik termasuk “syarat-rukun” kenaikan jabatan per-tingkatnya mulai dari Asisten Ahli, Rektor, Rektor Kepala, hingga Profesor.

Selain itu, Sebagai Rektor STAI Darul Qalam, Drs. H. Abdurrahim.,MA., membagikan tips pada para mahasiswa yang beberapa diantaranya ada juga lulusan Pesantren syekh Ciliwulung supaya linier ketika melanjutkan ke jenjang S2 agar dapat memberikan point untuk kenaikan jabatan. “Selain komitmen, usahakan dalam meneruskan jenjang kuliah itu harus linier, satu bidang, sehingga syarat minimal Dalam mengajar Sebagai dosen tetap terpenuhi dan keilmuannya semakin mumpuni, jika tidak linier kalaupun dinilai pasti sangat minimal” ungkapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua STAI : Drs.H.Abdurahim,M.A

Kaprodi : Dr. (C). Abdul Rohman,S.Kom,M.Pd.

Dosen :

  1. Amir.Hamzah,S.E,M.M,CSCMP.
  2. Dr. (C). Agus Khairul, S.Pd., M.Pd.
  3. Ahmad Mahdi,S.Pd.I,M.Pd
  4. H.Ruyadi Tirtawijaya,S.Pd,M.Pd.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, Program Magister Pendidikan Agama Islam STAI Darul Qalam – Tangerang dapat terus berkembang ke arah yang semakin baik dan memberikan kontribusi untuk STAI Darul Qalam – Tangerang dalam pendidikan maupun pengabdiannya untuk kemaslahatan umat. Aamiin Allahuma Aamiin.

(Dw**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.