Pembela 47 Warga Yang Dicoret Dari Penerima BLT Dianiaya Pendukung Kades Tesabela, Kupang Barat

SERGAP.CO.ID

KUPANG, || Elia Bessie Pembela warga yang dicoret oleh Pemerintah Desa Tesabela, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang dianiaya oleh salah warga setempat yang bernama Edmon Bessie. Edmon diduga merupakan pendukung Kepala Desa Tesabela, Mateus Dafa yang secara sepihak menghapus 47 KK penerima BLT.

Elia Bessie merupakan sosok yang gigi membela 47 KK hingga kasus itu sudah dilaporkan ke Polda NTT dan Inspektorat Kabupaten Kupang. Penganiayaan yang dialami oleh Elia Bessie ini terjadi di salah kios di dusun Tuanak, RT 10 RW 06 sekira pukul 13.00, Jumat, 28/04/2023.

Elia menuturkan kejadian itu bermula dari sedang minum es kelapa bersama sejumlah kerabatnya. Tiba tiba Edmon datang dan langsung melakukan penganiyaan kepada Elia Bessie. Kejadian itu tak disangka sangkan oleh Elia Bessie karena ia lagi menikmati es kelapa.

” Saya tidak sempat melakukan perlawanan karena kejadiannya tiba-tiba. Habis dia Pukul, dia masih suruh Saya pi lapor polisi, pulang lapor polisi saya bakar kau dengan motor satu kali nanti. Dia bilang begitu ke saya setelah dia pukul,” kata Elia Bessie kepada wartawan di Mapolsek Kupang Barat.

Beruntung pada saat itu pelaku penganiayaan ditahan oleh beberapa warga yang ada di tempat kejadian perkara. Sehingga Elia Bessie tidak mendapat pengganiayaan lebih lanjut.

” Sebagai warga negara yang baik saya memilih untuk menempuh jalur hukum dari pada main kekerasan atau main hakim sendiri. Saya segera dari ke Mapolsek Kupang Barat untuk melapor tindak penganiyaan yang saya alami” ujarnya.

Laporan Elia Bessie Diterima oleh Bripka Adrianus Kuanak dengan nomor STPL/B/18/IV/2023/Sek Kubar. Selanjutnya Elia Bessie diarahkan ke Rumah Sakit Bayangkara Kupang untuk mendapatkan Visum et Repertum.

Bripka Adrianus kepada wartawan mengatakan pihaknya belum bisa memberikan keterangan kepada wartawan karena Kapolsek Kupang Barat tidak sedang berada ditempat. Ia mengarahkan wartawan untuk mengkonfirmasi ke Kapolsek pada kesempatan berikutnya.

Kejadian pengancaman kata Elia Bessie sudah berulang ulang sudah dilakukan oleh Edmon Bessie. Kejadian pertama ketika Edmon mendatangi rumah Elia Bessie dan melakukan kekerasan verbal. Tak hanya itu ketika berpapasan dijalan, Kakanya yang bernama Jemy Bessie pernah hampir menabraknya dengan sepeda motor. Kejadian itu juga pernah dilaporkan ke Polsek Kupang Barat namun polisi yang bertugas menyarankan Elia Bessie untuk melakukan pendekatan kekeluargaan untuk berdamai atau melapor Ke Babinsa karena masih ada hubungan keluarga.

Namun tak disangka, kejadian itu kembali terjadi dan Elia Bessie mendapat penganiayaan. Elia Bessie berharap polisi bisa mendapatkan keadilan karena nyawanya sudah terancam karena diancam untuk dibakar bersama motor.

” Saya merasa takut sekali karena pelaku ancam mau bakar saya Kalau ketemu saya dimana saja. Saya mau dibakar dengan motor sekalian. Saya takut sekali kaka. Saya minta polisi untuk segera bertindak untuk menghindari kejadian yang berujung pada penghilangan nyawa saya,” ujarnya.

Warga Desa Tesabela Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, mengadukan Kepala Desa Tesabela ke Polda NTT gegara mengganti nama penerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa pada tahun 2022 lalu.

Dari 121 Orang Penerima Tetap dana BLT Desa ini, sebanyak 47 orang diganti dengan nama penerima lain. Dan diduga kuat dialihkan sepihak oleh Kepala Desa Tesabela, Mateos Dafa.

Atas dugaan tersebut, warga setempat mengadukan hal ini ke Mapolda NTT pada Rabu, 8 Februari 2023 lalu. Aduan warga ini turut dibantu oleh penasehat hukum dari LBH Surya NTT, Widyawati Singgih, SH, M.Hum.,

Widyawati Singgih sebagai perwakilan dari warga yang menjadi korban pergantian nama oleh Kepala Desa Tesabela, Matheos Dafa melaporkan hal ini di Polda NTT dan diterima oleh petugas Polri di SPKT Polda NTT.

Dari penerima sesuai dengan berita acara ada 121 orang, kami semua terima pada tahap pertama sampai tahap ke-3 tetapi pada tahap yang ke-4 kami semua tidak menerimanya.

(Dessy)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.