12 Hikmah Puasa Ramadhan: Disiplin Waktu-Muhasabah DiriOleh: Ustad Iskandar

Caption || Ketua DPD MIO Kota Bima Sukirman, SH bersama Ustad Iskandar

SERGAP.CO.ID

OPINI || Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat muslim. Bulan ini dipenuhi keberkahan dan manfaat yang bisa didapatkan umat muslim apabila melaksanakan kewajiban secara taat dan ikhlas karena Allah SWT.

Tentu banyak sekali hikmah yang bisa didapat dari salah satu kewajiban ibadah pada saat bulan Ramadhan, yaitu puasa.

Caaption || Di Mushalah ARRAHMAN BTN Pepabri Kelurahan Monggonao Kota Bima

Adapun beberapa hikmah puasa Ramadhan ini baik bagi perilaku, sifat, hingga kesehatan tubuh dan mental.

  1. Melatih Disiplin Waktu
    Saat puasa supaya tubuh tetap fit dan kuat, tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup membuat seseorang yang menjalani puasanya lebih teratur dan lancar dalam berpuasa. Selain itu melakukan sahur juga bermanfaat untuk melatih kebiasaan bangun lebih pagi dan mendapatkan rejeki.
  2. Keseimbangan dalam Hidup
    Pada bulan puasa ini, manusia dilatih agar kembali mengingat dan melaksanakan semua kewajiban tersebut dengan jaminan pahala yang dilipatgandakan sehingga keseimbangan dalam hidup bisa diraih dengan beribadah
  3. Mempererat Silahturahmi dan Peduli
    Suasana menjalin silahturahmi sangat terasa erat saat Ramadhan. Hal ini terlihat dari masjid/ orang yang memberikan takjil buka puasa gratis. Selain itu juga dapat dilakukan dengan sholat bersama di masjid, memberi ilmu islam, dan mendengarkan ceramah maupun diskusi keagamaan yang dilaksanakan di Masjid saat bulan Ramadhan.
  4. Mendekatkan Diri kepada Sang Pencipta
    Ketika kita menjalankan ibadah puasa sesuai dengan perintah Allah, maka berarti kita mempasrahkan segalanya pada Allah, selalu meningkatkan ibadah secara rutin. Tujuan dari puasa kita adalah untuk mentaati segala perintah Allah demi mendekatkan diri kepadanya.
  5. Mengontrol Emosi
    Emosi atau marah adalah salah satu hal yang bisa membatalkan ibadah puasa kita, oleh karena itu saat kita menjalankan puasa Ramadhan kita diwajibkan untuk bisa mengontrol emosi kita. Terlebih kita diwajibkan untuk bisa mengontrol emosi kita selama sebulan penuh, tentunya hal ini bisa kita jadikan sebagai sarana kita untuk berlatih dalam mengontrol emosi kita.
  6. Meningkatkan Kesehatan Jasmani
    Saat kita berpuasa dapat bermanfaat bagi kita yang ingin menurunkan berat badan, selain itu juga bermanfaat pada kesehatan jasmani seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol kadar gula darah, meningkatkan kesehatan otak, dan mencegah peradangan.
  7. Melatih untuk Hidup Sederhana
    Waktu berpuasa terjadi saat terbit fajar dan terbenamnya matahari, maka kita hanya diperbolehkan untuk makan dan minum diantara waktu berbuka dan makan sahur. Hal ini tentunya akan membuat kita berhemat, karena pada dasarnya saat kita kenyang kita tidak akan membeli makanan atau minuman.
  8. Melatih Manusia Agar Lebih Tabah
    Dalam berpuasa manusia dilatih untuk menahan yang tidak baik dilakukan agar tidak membatalkan puasa. Misalnya marah-marah, suudzon, dan dianjurkan untuk melatih kesabaran atas segala perbuatan orang.
  9. Hindari dosa
    Saat berpuasa kita bisa menghindari dosa-dosa di hari lain saat di luar bulan Ramadhan. Jika tujuan tersebut tercapai maka puasa dapat berhasil. Tetapi jika tujuan itu gagal maka puasa tersebut tidak memiliki arti apa-apa.
  10. Refleksi Diri, Muhasabah
    Puasa saat bulan Ramadhan bisa kita jadikan sebagai bahan perefleksian diri kita agar ke depannya menjadi lebih baik lagi. Dengan harapan segala kebaikan yang kita lakukan pada bulan Ramadhan dapat kita lakukan secara terus menerus di luar bulan Ramadhan.
  11. Meningkatkan Rasa Empati
    Bulan Ramadhan menjadi kesempatan bagi setiap muslim untuk meningkatkan ketakwaan, nilai moral dan sosial. Dengan menjalankan puasa orang kaya merasakan bagaimana perasaan menahan lapar seharian, hal yang setiap hari dirasakan oleh orang yang kurang mampu. Hal ini akan membuat kita mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat juga apabila dapat mempraktekkannya.
  12. Peka Sosial dan Peka Hati
    Dalam ajaran islam ada perintah mengeluarkan zakat fitrah, hal ini bertujuan untuk membuka mata kita agar peduli kondisi umat saat ini, bahwa masih banyak sesama muslim yang hidup serba kekurangan.

Demikian hikmah-hikmah yang bisa didapatkan saat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat. Amien YRA ????????????

(Penulis : Sukirman, SH)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.