Sekda Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, Berikan Arahan Saat Rapat Kerja Pembinaan UKS

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Unit Kesehatan Sekolah harus menjadi program yang bisa meningkatkan mutu kualitas manusia khususnya para siswa-siswi, juga sebagai upaya sektor pendidikan dalam menanamkan sikap perilaku hidup bersih dan sehat yang pada akhirnya menjadi sebuah kebiasaan yang membantu meningkatkan derajat kesehatan. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar pada kegiatan Rapat Kerja Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah Tahun 2023, yang bertempat di Ruang Rapat Linggarjati Setda. Rabu (29/03/2023).

Dimana kegiatan pembinaan dan pengembangan UKS ini mulai dilaksanakan pada Bulan Mei di lima titik ex kawedanan, diikuti oleh siswa-siswi, guru UKS dari berbagai jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA, yang dilanjutkan dengan kegiatan lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Kuningan pada Bulan Juli.

Dalam arahannya Sekda menjelaskan bahwa dalam menyukseskan program Trias UKS ini harus didukung dengan peran beberapa sektor diantaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Kantor Kementerian Agama, dan Bagian Kesra Setda yang senantiasa dapat membangun sinergi serta kolaborasi dalam mewujudkan pondasi kesehatan di sektor pendidikan.

“Saya mohon pembinaan UKS ini tidak hanya sekadar program, akan tetapi bagaimana hal sederhana mengenai pendidikan tentang kesehatan harus dijiwai di dalam ekosistem sekolah, dapat menjadikan kebiasaan bagi siswa dalam menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat yang betul–betul komprehensif termasuk pembinaan lingkungan sekolah”, Terang Sekda.

Lanjut Ia sampaikan program UKS ini harus berkesinambungan dari tahun ke tahun, kaitkan program UKS ini dengan pencanangan program sekolah sebagai bentuk komitmen sekolah dalam mendukung program Trias UKS sehingga esensinya UKS ini sebagai bentuk revitalisasi fungsi sekolah yang juga dapat memberikan warna dalam kontribusi meningkatkan kualitas hidup manusia, maka sekolah pun akan bertransformasi menjadi sekolah yang sehat pada perubahan sikap hidup sehat pada siswa.

Pada Raker tersebut dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rusmiadi, M.Si, Sekretaris Dinas Kesehatan Drs. H. Teddy Noviandi, M.Si, Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Drs. H. Mujayin, M.Pd, dan Kepala bagian Kesra Setda H. Nunung Nurjati, S.Pd., M.Si.

(Agus M)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.