Hama dan Penyakit Pada Budidaya Kerang Mutiara (Pinctada maxima)

Taruni Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang Nama : Roberta Suryanti Lamahoda NIT : 22.3.06.103 Prodi : Teknik Budidaya Perikanan Mata Kuliah : Hama dan Penyakit Ikan Dosen : Riris Yuli Valentine, S.PI,M.P

SERGAP.CO.ID

OPINI, || Jenis hama yang sangat membahayakan pada budidaya kerang mutiara yaitu keong laut dan bulu babi, karena jenis hama ini dapat mematikan kerang mutiara dengan cara masuk kedalam cangkang dan memakan organ dalam kerang mutiara. Upaya pencegahan dengan cara membersihkan hama – hama tersebut dengan manual pada periode waktu tertentu.

Penyakit pada budidaya kerang mutiara umumnya disebabkan oleh parasit, bakteri, dan virus. Parasit yang sering ditemukan pada kerang mutiara adalah Polclatea. Polclatea akan menempel, melubangi, dan merusak cangkang kerang dan merusak isi kerang.Bakteri yang umum menyerang kerang mutiara adalah Vibrio harveyi. Contohnya ketika kerang mutiara diangkut kedalam tangki ketika sirkulasi air dan udara yang tidak mencukupi selama perjalanan maka kerang melemah akibat kurangnya jumlah oksigen dan meningkatnya suhu dalam tangki pengangkut. Infeksi Virus Herpes terhadap kerang mutiara terjadi ketika kerang mutiara tersebut dalam kondisi lemah dengan ketahanan tubuh yang menurun.

Upaya untuk mengurangi serangan penyakit pada kerang mutiara antara lain: selalu memonitor salinitas agar dalam kisaran yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tiram, menjaga agar fluktuasi suhu air tidak terlalu tinggi seperti pemeliharaan tiram tidak terlalu dekat kepermukaan air pada musim dingin, lokasi budidaya dipilih dengan kecerahan yang cukup bagus, dan tidak memilih lokasi pada perairan dengan dasar pasir berlumpur.

Penulis : Roberta Suryanti Lamahoda
Prodi : Teknik Budidaya Perikanan

(**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.