Penyakit Dalam Dunia Perikanan Semakin Berkembang, Bagaimana Penanganan yang Dilakukan?

Penulis:"Crisyntia Funan Dethan Prodi:TBP-C NIT: 22.3.06.084 Dosen Pengampu:Ibu Riris Yuli Valentine,S.Pi,M.P Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang

SERGAP.CO.ID

OPINI, || Dalam dunia perikanan banyak hal yang dapat dilakukan dalam meningkatkan produktivitas budidaya,salah satunya yaitu penanganan penyakit yang menyerang ikan. Penyakit sendiri mempunyai arti suatu gangguan kesehatan pada ikan baik dalam dalam tubuh ikan itu seperti organ bagian dalamnya maupun luar tubuh ikan, yang dapat menyebabkan kematian dan berdampak pada kerugian pembudidaya ikan.

Salah satu penyakit yang sedang menjadi perbincangan dalam dunia perikanan dua tahun terakhir ini yaitu penyakit yang disebabkan karena adanya bakteri yaitu Aeromonas Hydrophila, merupakan bakteri yang sifatnya patogen berbahaya.Biasanya bakteri ini menyerang ikan air tawar,salah satunya yaitu Ikan Mas.Gejala penyakit yang di sebabkan karena aeromonas yaitu adanya bercak putih pada hampir seluruh bagian tubuh dari ikan seperti bagian perut,dada,sirip hingga ekornya, dan juga ikan tersebut kehilangan lendir.Penyakit karena bakteri ini membuat nafsu makan ikan menurut karena adanya peradangan.

“Apa penyebab ikan terkena penyakit Aeromonas?

Penyakit ini disebabkan karena yang” pertama,pengelolaan Kualitas air yang kurang memadai.seperti kurangnya perawatan wadah budidaya yaitu pembersihan kolam juga tidak memperhatikam pergantian air budiaya, sehingga kandungan bahan organik atau kotoran dalam wadah dapat memicu terserang penyakit.

Kedua,padat tebar yang terlalu tinggi yang dapat menyebabkan ikan menjadi stres sehingga memicu terjangkit penyaakit Aeromonas.Karena padat terbar yang tinggi ikan yang sudah terserang penyakit mudah menular dengan cepat sehingga dapat menyebabkan ikan yang sehat pun terserang penyakit.

Ketiga,Suhu yang terlalu tinggi dan pemberian pakan yang buruk.Fluktuasi suhu air yang ekstrim dapat menjadi faktor penyebab karena aeromonas mudah berkembang dengan cepat pada suhu air yang ekstrim atau tinggi.Adapun pemberian pakan yang buruk membuat ikan mudah terserang penyakit ini karena kurangnya nutrisi bagi ikan sehingga dapat membuat imun tubuh ikam melemah dan mudah terserang penyakit.

Salah satu cara yang optimal dalam menangani permasalahan ini yaitu dengan dilakukannya pencegahan,diantaranya yaitu :
1.Perbaikan Kualitas Air seperti melakukan pembersihkan kolam secara berkala.
2.Perbaikan nutrisi ,yaitu dengan pemberian pakan secara teratur dan tepat waktu,memberikan pakan tambahan yaitu pakan alami.
3.Menghindari padat tebar yang tinggi,dimana melihat perbandingan media kolam dan jumlah ikan yang di tebar seimbang sehingga oksigen yang dibutuhkan ikan bisa terpenuhi.

Bagaimana cara mengatasi ikan jika sudah terserang bakteri Aeromonas?

1.Memisahkan ikan yang terinfeksi pada wadah karantina.
2.Pemberian probiotik
3.Melakukan terapi secara herbal menggunakan bawang butih,daun ketapang,daun kelor, dan kerinyuh dan lain sebagainya.

Penulis:”Crisyntia Funan Dethan
Prodi:TBP-C
NIT: 22.3.06.084
Dosen Pengampu:Ibu Riris Yuli Valentine,S.Pi,M.P
Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang

(**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.